Penulis Utama : Ananda Primaya Shinta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215009
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Status Gizi dan Masa Kerja Dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan di Bagian Giling PT Air Mancur Karanganyar
Edisi : 2019
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prodi. D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215009-2019
Subyek : STATUS GIZI, MASA KERJA, PRODUKTIVITAS KERJA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Ananda Primaya Shinta, R0215009, 2015. Hubungan Status Gizi dan Masa Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Karyawan di Bagian Giling PT Jamu Air Mancur Karanganyar, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang : Masa kerja merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi produktivitas kerja. Pengalaman kerja luas dibutuhkan masa kerja yang lebih lama, berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja. Semakin lama masa kerja maka berpengalaman dalam bekerja tetapi juga dapat berdampak negatif jika yang terjadi justru kebosanan pada karyawan dari lamanya masa kerja mereka. Seringnya karyawan melakukan pekerjaan sama dalam waktu yang lama mengakibatkan turunnya produktivitas kerja. Hal ini merupakan akibat dari rutinitas pekerja. Pengalaman rutinitas tersebut menimbulkan kebosanan. Kebosanan mendatangkan dampak negatif bagi produktivitas. Selain itu ada juga salah satu faktor internal status gizi yang mempengaruhi produktivitas kerja. Status gizi merupakan salah satu penentu kapasitas kerja dan ketahanan tubuh. Dengan dipenuhinya kebutuhan gizi kerja dan berpengaruh pada kesehatan tubuh, maka akan kuat dalam bekerja, maka akan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Status gizi yang baik memperkuat kondisi fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan masa kerja dengan produktivitas kerja di bagian gilling PT Air Mancur Karanganyar.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling total. Populasi adalah seluruh pekerja di bagian giling PT Air Mancur Karanganyar berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian untuk variabel status gizi menggunakan timbangan berat badan dan meteran tinggi badan, variabel masa kerja menggunakan lembar kuesioner, variabel produktivitas kerja menggunakan rumus produktivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Somers’d dengan menggunakan software SPSS versi 23.0.
Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan antara status gizi dengan produktivitas kerja (p value=0,002) dan tidak ada hubungan antara masa kerja dengan produktivtas kerja (p value=0,382).
Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan antara status gizi dengan produktivitas kerja dan tidak ada hubungan masa kerja dengan produktivitas kerja di bagian giling PT Air Mancur Karanganyar.
Kata Kunci : Status Gizi, Masa Kerja, Produktivitas Kerja

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
ANANDA PRIMAYA SHINTA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarsono, M.Si
2. Dra. Ipop Sjarifah, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran