Penulis Utama : Ikwan Ngabdi Raharjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Perancangan sistem penjadwalan pekerjaan pada job shop dengan dispatching rules (studi kasus PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0399004-2004
Subyek : PEKERJAAN, PERENCANAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Aliran produksi di PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri terdiri dari editing, setting, layout, pre-press, dan printing. Aktivitas yang ada tersebut tidak menggambarkan operasi yang rinci. Aktivitas akan dijadwalkan setelah order cetak diterima oleh perusahaan. Setelah due date ditentukan aktivitas akan dialokasikan waktu pengerjaannya. Kelemahan dari prosedur penjadwalan ini adalah tidak mengakomodasi informasi mengenai detail pengerjaan untuk masing-masing judul buku. Sebagai konsekuensinya tidak dapat diperkirakan waktu pesan bahan baku walaupun suplier bahan baku tersebut tidak mengalami masalah dalam penyediaan bahan baku. Kelemahan lain yang dimiliki prosedur penjadwalan ini adalah tidak mempertimbangkan kapasitas yang dimiliki untuk proses produksi.

Untuk mengatasi persolan tersebut dilakaukan penjadwalan dengan dispatching rules. Prosedur dispatching rules yang pertama kali digunakan adalah Earliest Due Date (EDD). Apabila masih terdapat peringkat yang sama setelah diurutkan maka digunakan pengurutan berdasarkan prioritas proyek yang dimiliki. . Shortest Processing Time (SPT) akan digunakan apabila masih terdapat peringkat pengerjaan yang sama. Prosedur pengurutan selanjutnya menggunakan prioritas buku. Pengurutan yang terakhir adalah secara random. Random digunakan sebagai prosedur penghentian.

Dengan dispatching rules ini dapat mengurangi keterlambatan yang dimiliki. Prosedur penjadwalan ini juda dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menjadwalkan. Running time yang dimiliki prosedur penjadwalan ini bersifat linear dan tidak exponential.

Kata Kunci : Penjadwalan, Dispatching Rules
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Yuniaristanto, ST, MT
2. Irwan Iftadi, ST
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik