Penulis Utama : Shafira Lathifania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0413051
Tahun : 2017
Judul : Upaya-Upaya Pemerintah Indonesia dalam Menangani Undocumented Workers Warga Negara Indonesia di Belanda Tahun 2009 – 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS – FISIP, Prodi. Hubungan Internasional - D0413051- 2017
Subyek : PERLINDUNGAN, UNDOCUMENTED, PEMERINTAH INDONESIA, BELANDA, PEKERJA MIGRAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Belanda merupakan negara yang memiliki hubungan sejarah yang panjang dengan Indonesia. Tidak mengherankan apabila banyak dari Warga Negara Indonesia yang tinggal dan menetap karena memiliki keluarga dan sanak saudara di Belanda. Banyaknya cerita akan kehidupan yang lebih layak di sana membuat banyak dari Warga Negara Indonesia untuk bermigrasi ke Belanda, tidak terkecuali bagi mereka yang ingin datang dan bekerja tetapi melalui prosedur yang tidak resmi atau yang juga bisa disebut sebagai undocumented  workers.  Menjadi  seorang  undocumented  worker  di Belanda termasuk  sebagai  suatu  pelanggaran  hukum.  Meskipun  demikian,  masih banyak Warga Indonesia yang  tetap  bekerja  dan tinggal di Belanda  secara ilegal.  Berkaitan  dengan  hal  tersebut,  Pemerintah  Indonesia  sebagai  pihak yang berwenang memiliki peran untuk melindungi para warga negaranya yang terjerat kasus seperti halnya menjadi undocumented workers tersebut yang sudah jelas melanggar hukum setempat.
Penelitian  ini  akan  menjelaskan  peran  pemerintah  Indonesia  untuk
melindungi warga negara mereka yang bekerja sebagai pekerja tak berdokumen   di   Belanda   dengan   menggunakan   konsep   responsibility   to protect. Sementara untuk menjelaskan subjek yang diteliti, penelitian ini menggunakan paradigma liberalisme metode analisis deskriptif kualitatif dengan  mengumpulkan  data  sebagai  sumber  utama.  Penelitian  ini memberikan  beberapa  gagasan  yang  bisa  digunakan  negara  sebagai  solusi bagi warga negaranya terutama para pekerja tidak terampil. Penulis percaya bahwa suatu negara harus melindungi dan memberikan kehidupan yang layak bagi warganya yang tinggal baik di dalam maupun di luar negeri.


Kata kunci: Perlindungan, Undocumented, Pemerintah Indonesia, Belanda, Pekerja Migran

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi_07.pdf
12. HALAMAN.pdf
13. BAB I.pdf
14. BAB II.pdf
15. BAB III.pdf
16. BAB IV.pdf
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP