Penulis Utama : M. Kevin Andry R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0313048
Tahun : 2017
Judul : Strategi Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan (ANDIKPAS) Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kutoarjo (Studi Kasus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS – FISIP, Prodi. Sosiologi - D0313048- 2017
Subyek : ANDIKPAS, LPKA KUTOARJO, PEMBINAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Anak merupakan kelompok muda yang diharapkan membawa bangsa kearah yang lebih baik, namun dengan pesatnya kemajuan teknologi dan akses informasi banyak anak yang terjerumus pada pelanggaran hukum. Tak jarang anak yang berkonflik dengan hukum harus menempati penjara dan kehilangan haknya. Di Jawa Tengah terdapat Lembaga Pembinaan  Khusus  Anak  yang  memberikan  pembinaan  secara  integratif  bagi  Andikpas dengan memanfaatkan jejaring yang ada.
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  memahami  strategi  pembinaan  yang  diterapkan LPKA  Kutoarjo  dalam  membina  Andikpas  dan  mengidentifikasi  modal  sosial  yang  ada dalam proses pembinaan Andikpas di LPKA Kutoarjo. Penelitian menggunakan teori modal sosial oleh Robert Putnam dengan menganalisis Jaringan (networks), Norma (norms), Sistem Kepercayaan (trust) dan Hubungan Timbal Balik (reciprocity). Jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus yakni pengujian secara rinci mengenai satu latar belakang suatu lembaga. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana narasumber sudah ditentukan sesuai dengan tujuan penelitian, sedangkan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian hasil penelitian dianalisis dengan triangulasi  sumber  yakni  membandingkan  pengamatan  penulis,  hasil  wawancara  dan dokumen yang terkait.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa pembinaan
Andikpas di LPKA Kutoarjo disesuaikan dengan Keputusan Menteri Kehakiman yakni pembinaan terkait pada aspek kepribadian yakni kesadaran beragama, berbangsa dan bernegara,   kesadaran   hukum,   peningkatan   kemampuan   intelektual   dan   integrasi   di masyarakat. Sedangkan pada aspek kemandirian berupa keterampilan industri kecil dan pertanian atau perikanan. Jejaring Sosial berdasar kebutuhan pembinaan, Norma Sosial berdasar Mou, aturan tertulis maupun tidak tertulis, Kepercayaan berdasarkan pembinaan sebagai rehabilitasi bagi Andikpas dan Hubungan timbal balik dengan adanya bantuan sarana prasarana dan biaya transportasi. Adapun integrasi modal sosial yang paling dominan adalah modal sosial menjembatani (bridging) dan modal sosial menghubungkan (linking).
Keywods : Andikpas, LPKA Kutoarjo, Pembinaan.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi_01.pdf
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Rahesli Humsona, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP