Penulis Utama : Aulia Mestikasari
NIM / NIP : D0213016
×


ABSTRAK

Menanggapi mulai memudarnya kebudayaan Jawa di Kota Solo, Slenk FM  maju  sebagai  penyangga  dan  tameng  budaya  lokal  setempat.  Di  tengah kuatnya  gempuran  budaya  asing,  yang  menimbulkan  pergeseran  selera  dan budaya, terlebih ketatnya persaingan industri radio swasta di Kota Solo, Slenk FM mampu tampil berbeda. Berani membidik khalayak minor yang menyukai nilai- nilai yang mengakar pada wujud-wujud kebudayaan Jawa. Meski tidak banyak radio swasta di Solo yang berani dan mampu memposisikan diri sebagai radio budaya.   Dengan   visi   misinya,   yakni   “Mari   bersama-sama   kita   nguri-uri kabudayan Jawi lan ngraketaken pasederekan,” Slenk FM terus bertahan hingga kini, konsisten dengan ideleoginya untuk melestarikan kebudayaan Jawa. Sejak berdirinya radio tersebut, diharapkan dapat mengurangi perubahan sistem sosial pada masyarakat Kota Solo dan kembali meningkatkan pengetahuan serta kecintaan mereka terhadap Kebudayaan Jawa.
Penelitian ini dilakukan guna  mengetahui: (1) kecenderungan Positioning penyiaran Slenk FM yang disampaikan ke khalayak dan memaparkan alasan mengapa hal tersebut dipilih. (2) mendeskripsikan kharakteristik secara umum/ profil pendengar pendengar Radio Slenk FM dan menjelaskan alasan mengapa mereka mendengarkan radio tersebut. (3) mengetahui dampak dari siaran budara radio Slenk FM terhadap masyarakat Kota Solo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap 10 informan dari berbagai kalangan yakni budayawan,  pendengar  aktif  Slenk  FM,  dan  pihak  internal  radio  Slenk  FM. Tehnik sampling yang dipilih adalah purposive sampling. Peneliti menggunakan teori uses and dependency yang dikemukakan oleh Melvin deFleur dan Sandra Ball-Rokeach, yang mengemukakan bahwa menurut beberapa faktor tertentu, audiens aktif dapat memiliki ketergantungan tertentu terhadap media massa yang menimbulkan   dampak   ketergantungan   berupa   efek   kognitif,   afektif,   dan behavioral. Secara umum, dampak tersebut, membuktikan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan kecintaan masyarakat Kota Solo terhadap Kebudayaan Jawa.

Kata Kunci: Siaran Radio, Siaran Budaya, Dampak/ Efek, Teori Uses and
Dependency

 

×
Penulis Utama : Aulia Mestikasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213016
Tahun : 2017
Judul : Siaran Radio dan Budaya Jawa Studi tentang Dampak Siaran Budaya Radio Slenk FM terhadap Masyarakat (khususnya Pendengar Radio Slenk FM) di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS – FISIP, Prodi. Ilmu Komunikasi- D0213016- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.