Penulis Utama : Ade Raya Anggriyani
NIM / NIP : K4313001
×

Penelitian bertujuan menerapkan instruksi pada tahap discussion pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sragen yang terdiri dari 10 laki-laki dan 18 perempuan. Data utama berupa kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep yang diukur menggunakan skor concept map berdasarkan rubrik scoring expert concept map sesuai dengan Novak & Gowin (1984), sedangkan data pendukung berupa jawaban dan catatan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non-tes meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep peserta didik dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep peserta didik ditunjukkan dari skor concept map yang meliputi rata-rata dan rentang skor, sedangkan jumlah peserta didik yang memiliki skor di atas rata-rata mengalami penurunan. Rata-rata skor concept map pada prasiklus sebesar 6,7% meningkat menjadi 13,7% pada siklus I dan 14,7% pada siklus II. Rentang skor concept map pada prasiklus sebesar 3,9%-10,8% meningkat menjadi 6,8%-34,4% pada siklus I dan 7,8%-42,9% pada siklus II. Jumlah peserta didik yang memiliki skor di atas rata-rata pada prasiklus sebanyak 14 peserta didik menurun menjadi 10 peserta didik pada siklus I dan 7 peserta didik pada siklus II, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan instruksi pada tahap discussion pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep peserta didik.

Kata kunci: instruksi, 

×
Penulis Utama : Ade Raya Anggriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313001
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Instruksi Pada Tahap Discussion Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan Dan Menghubungkan Konsep
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Biologi-K4313001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muzzazinah, M.Si
2. Dr. Sri Widoretno, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.