Penulis Utama : Mohammad Arief Dharmawan
NIM / NIP : I0415057
×

Formula SAE merupakan sebuah kompetisi yang didirakan oleh Society of Automotive Engineers, dimana menantang semua mahasiswa untuk mendesain, mengembangkan dan berkompetisi pada mobil formula skala kecil. Aerodinamika sangat penting dalam kompetisi ini untuk menghasilkan performa yang baik pada mobil. Perangkat aerodinamis seperti rear wing sangatlah penting untuk menghasilkan downforce. Sehingga dapat mengurangi slip pada mobil dan meningkatkan performa saat mobil membelok.  Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik penambahan rear wing dengan menggunakan airfoil Eppler E 423 dalam beberapa variasi sudut serang. Rear wing dipasang pada ahmed body dengan sudut rear slant 30° yang mempunyai skala dimensi yang sama dengan mobil formula student. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk model 3D menggunakan computational fluid dynamic (CFD) pada 3 variasi kecepatan, 60 km/jam, 80 km/jam dan 100 km/jam. Hasil dari penilitian ini adalah sudut serang terbaik terdapat pada sudut serang 12°. Pada sudut serang ini mempunyai koefisien lift sebesar -0.4516 dan koefisien drag sebesar 0.4253.

Kata kunci: Formula Student, Aerodinamika, Rear Wing, Eppler E 423, Computational Fluid Dynamic (CFD), Ahmed  Body,  Koefisein Lift, Koefisien Drag

×
Penulis Utama : Mohammad Arief Dharmawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0415057
Tahun : 2019
Judul : Desain dan analisa aerodinamika rear wing pada mobil Formula Student dengan menggunakan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Mesin-I0415057-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dominicus Danardono, S.T., M.T., Ph.D
2. Dr. Budi Kristiawan, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.