Penulis Utama : Luh Desi Puspareni
NIM / NIP : S531408030
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker dengan prevalensi tertinggi di dunia termasuk Indonesia. Pada pasien kanker payudara, sitokin proinflamasi terutama tumour necrosis factor-? (TNF-?) meningkat di makrofag jaringan adiposa. Peningkatan TNF-? menyebabkan penurunan lean body mass (LBM). LBM yang rendah berhubungan dengan prognostik yang buruk, peningkatan risiko toksisitas akibat kemoterapi, serta peningkatan mortalitas pada pasien kanker. Eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) memiliki fungsi antiinflamasi sehingga dapat menurunkan produksi TNF-?, mencegah efek merusak dari TNF-?, dan mencegah wasting otot akibat TNF-?. Dengan demikian, penurunan LBM dapat dicegah. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan asupan EPA dan DHA dengan kadar TNF-? dan LBM pada pasien kanker payudara.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional pada pasien kanker payudara rawat jalan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling dengan subjek penelitian berjumlah 34 orang. Asupan EPA dan DHA ditentukan dengan food recall 3x24 jam. Kadar TNF-? diukur dengan ELISA kit. Perhitungan LBM dilakukan dengan rumus Deurenburg. Uji statistik yang digunakan adalah regresi linier ganda.
Hasil: Subjek penelitian merupakan pasien kanker stadium lanjut (III), mengalami anemia, dan 55,9% mengalami kelebihan berat badan (IMT?25,0 kg/ m2). Rerata asupan EPA sebesar 83,31±112,88 mg/ hari dan DHA sebesar 263,19±302,82 mg/ hari. Rerata kadar TNF-? serum sebesar 33,40±5,33 pg/ml dan LBM sebesar 36,65±5,00 kg. Asupan EPA dan DHA tidak memiliki korelasi dengan kadar TNF-? dan LBM.
Kesimpulan: Asupan EPA dan DHA tidak berhubungan dengan kadar TNF-? dan LBM pada pasien kanker payudara.
Kata kunci: eicosapentaenoic acid, docosahexaenoic acid, tumor necrosis factor-?, lean body mass, kanker payudara

 

×
Penulis Utama : Luh Desi Puspareni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531408030
Tahun : 2016
Judul : Hubungan asupan eicosapentaenoic acid dan docosahexaenoic acid dengan kadar tumor Necrosis factor-? dan lean body mass
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana, Prog. Studi Gizi- S531408030-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ambar Mudigdo, dr.,Sp.PA(K).
2. Dr. Adi Magna Patriadi Nuhriawangsa, S.Pt., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.