Penulis Utama : Lukluk Al Ulya
NIM / NIP : G0013141
×

ABSTRAK

 LatarBelakang: Otitis media akut adalah peradangan pada telinga tengah yang muncul secara mendadak. Otitis media akut dapat terjadi karena banyak faktor antara lain kurangnya asupan ASI, penggunaan botol jangka panjang, dan sering terjadi pada anak-anak. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbandingan kejadian otitis media akut pada anak yang mempunyai riwayat pemberian ASI dengan susu formula.
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observational analitik dengan rancangan penelitian case control. Sampel yang digunakan adalah anak usia 0-5 tahun. Subyek penelitian merupakan anak di TK/KB di Kecamatan Jebres Surakarta yang dilakukan pemeriksaan dan terdiagnosis Otitis Media Akut, serta orangtuanya bersedia mengisi kuesioner. Teknik sampling dilakukan dengan consecutive sampling yaitu setiap sampel yang memenuhi kriteria penelitian dimasukkan dalam penelitian sampai kurun waktu tertentu, sehingga jumlah pasien yang diperlukan terpenuhi. Didapatkan sampel sebanyak 60 yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan chi square.
Hasil: Dari hasil analisis data, didapatkan nilai p= 0,002 dan odds ratio= 5,675 yang berati hasil penelitian signifikan moderate, dimana Otitis Media Akut pada anak yang mempunyai riwayat pemberian ASI lebih rendah dari pada susu formula. Anak yang memiliki riwayat pemberian susu formula mempunyai kemungkinan terkena otitis media akut sebesar 5,675 kali.
Simpulan: Perbandingan kejadian otitis media akut pada anak yang mempunyai riwayat pemberian ASI lebih rendah dari pada susu formula.
Kata Kunci: otitis media akut, ASI, susu formula, perbandingan

 

×
Penulis Utama : Lukluk Al Ulya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013141
Tahun : 2016
Judul : Perbandingan kejadian otitis media akut pada anak yang mempunyai riwayat pemberian asi dengan susu formula
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Jur. Kedokteran- G0013141-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putu Wijaya, dr., Sp.THT-KL
2. Hadi Sudrajad, dr., Sp.THT-KL, MSi Med
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.