Penulis Utama : Lukluk Al Ulya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013141
Tahun : 2016
Judul : Perbandingan kejadian otitis media akut pada anak yang mempunyai riwayat pemberian asi dengan susu formula
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Jur. Kedokteran- G0013141-2016
Subyek : OTITIS MEDIA AKUT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 LatarBelakang: Otitis media akut adalah peradangan pada telinga tengah yang muncul secara mendadak. Otitis media akut dapat terjadi karena banyak faktor antara lain kurangnya asupan ASI, penggunaan botol jangka panjang, dan sering terjadi pada anak-anak. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbandingan kejadian otitis media akut pada anak yang mempunyai riwayat pemberian ASI dengan susu formula.
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observational analitik dengan rancangan penelitian case control. Sampel yang digunakan adalah anak usia 0-5 tahun. Subyek penelitian merupakan anak di TK/KB di Kecamatan Jebres Surakarta yang dilakukan pemeriksaan dan terdiagnosis Otitis Media Akut, serta orangtuanya bersedia mengisi kuesioner. Teknik sampling dilakukan dengan consecutive sampling yaitu setiap sampel yang memenuhi kriteria penelitian dimasukkan dalam penelitian sampai kurun waktu tertentu, sehingga jumlah pasien yang diperlukan terpenuhi. Didapatkan sampel sebanyak 60 yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan chi square.
Hasil: Dari hasil analisis data, didapatkan nilai p= 0,002 dan odds ratio= 5,675 yang berati hasil penelitian signifikan moderate, dimana Otitis Media Akut pada anak yang mempunyai riwayat pemberian ASI lebih rendah dari pada susu formula. Anak yang memiliki riwayat pemberian susu formula mempunyai kemungkinan terkena otitis media akut sebesar 5,675 kali.
Simpulan: Perbandingan kejadian otitis media akut pada anak yang mempunyai riwayat pemberian ASI lebih rendah dari pada susu formula.
Kata Kunci: otitis media akut, ASI, susu formula, perbandingan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putu Wijaya, dr., Sp.THT-KL
2. Hadi Sudrajad, dr., Sp.THT-KL, MSi Med
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran