Penulis Utama : Muhammad Alamsyah Al Fauzi
NIM / NIP : C0513031
×

Penelitian ini membahas tentang:  (1) Latar belakang berdirinya Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Surau Haqqul Amin Karangpandan, (2) Apa saja kegiatan Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Surau Haqqul Amin di Karangpandan, (3) Bagaimana perkembangan Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Surau Haqqul Amin di Karangpandan tahun 2004-2016.
Penelitian ini menggunakan metode historis yaitu heuristik, kritik sumber (kritik intern dan kritik ekstern), interpretasi dan historiografi. Sumber penelitian dikumpulkan melalui studi dokumen, arsip, dan wawancara. Arsip primer yang digunakan antara lain arsip jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Haqqul Amin dan wawancara dengan pengurus dan jamaah jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Haqqul Amin. Adapun sumber sekunder yang digunakan adalah buku-buku referensi yang berkaitan dengan Tarekat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan  latar belakang berdirinya Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Surau Haqqul Amin Karangpandan adalah pada tahun 2002 Darmodjo Roespandji membuka tempat wirid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Kadirun Yahya  di bawah naungan Yayasan Prof. Dr. Kadirun Yahya dengan nama IOP Saiful Amin Karangpandan di rumahnya yang beralamat di Saptomulyo desa Doplang kecamatan Karangpandan kabupaten Karanganyar. Setelah Prof Dr Kadirun Yahya berlindung terjadi perbedaan cara meneruskan Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah, Darmodjo Roespandji memilih mengikuti pimpinan peramalan surau Qutubul Amin Arco. Kegiatan yang dilakukan jamaah Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Surau Haqqul Amin adalah sebagai berikut : Sholat berjamaah, dzikir berjamaah, pengajian, pemasukan tarekat, ziarah akbar dan suluk. Perkembangan Tarekat Naqsyabandiyah Surau Haqqul Amin di Karangpandan mengalami tiga kali perubahan struktur organisasi dari Alkah Karangpandan di bawah perkumpulan Majelis Dzikir Al-Haq Sapto Mulyo (2004-2006) kemudian menjadi Surau Haqqul Amin masih di bawah perkumpulan Majelis Dzikir Al-Haq Sapto Mulyo  (2006-2011) dan terakhir surau Haqqul Amin di bawah Yayasan Haqqul Amin (2011-sekarang)

 

×
Penulis Utama : Muhammad Alamsyah Al Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0513031
Tahun : 2017
Judul : Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Surau Haqqul Amin Di Karangpandan Tahun 2004-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Sejarah-C0513031-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.