Penulis Utama : Meinard Putri Anindita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315036
Tahun : 2019
Judul : Studi komparasi Argument Driven Inquiry (ADI) dan Dialogical Argumentation Instructional Model (Daim) terhadap keterampilan argumentasi tulisan siswa pada pembelajaran Biologi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-K4315036-2019
Subyek : ARGUMENTASI TULISAN, ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI), DIALOGICAL ARGUMENTATION INSTRUCTIONAL MODEL (DAIM)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experiment dengan desain penelitian pretest-postest one grup design. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh Argument Driven Inquiry (ADI) dan Dialogical Argumentation Instructional Model(DAIM) terhadap keterampilan argumentasi tulisan siswa pada pembelajaran biologi, pengaruh Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi tulisan siswa pada pembelajaran biologi, dan pengaruh Dialogical Argumentation Instructional Model(DAIM) terhadap keterampilan argumentasi tulisan siswa pada pembelajaran biologi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran ADI dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran DAI.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa pretest dan postestuntuk mengukur keterampilan argumentasi tulisan siswa yang merujuk pada indikator komponen keterampilan argumentasi tulisan oleh McNeill. Teknik analisis data sebagai berikut: (1) uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas dan (2) uji hipotesis berupa uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji N-gain score. Analisis data dibantu dengan aplikasi SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest keterampilan argumentasi tulisan siswa kelas eksperimen I yaitu 69,96 lebih tinggi daripada rata-rata nilai postest keterampilan argumentasi tulisan siswa kelas eksperimen II yaitu 64,93 dan peningkatan rata-rata nilai pretest ke postest keterampilan argumentasi tulisan siswa kelas eksperimen I yaitu 0,38 lebih tinggi daripada peningkatan rata-rata nilai pretest ke postest keterampilan argumentasi tulisan siswa kelas eksperimen II yaitu 0,31. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan argumentasi tulisan siswa kelas X MIPA dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran ADI dan DAI, terdapat pengaruh Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi tulisan siswa pada pembelajaran biologi, dan terdapat pengaruh Dialogical Argumentation Instructional Model(DAIM) terhadap keterampilan argumentasi tulisan siswa pada pembelajaran biologi.
Kata Kunci: Argumentasi tulisan, Argument Driven Inquiry (ADI), Dialogical Argumentation Instructional Model (DAIM)

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.,
2. Riezky Maya Probosari, S.Si., M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP