Penulis Utama : Purwita Sari Rebia
NIM / NIP : K1515053
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan teaching factory di bidang keahlian teknologi konstruksi dan properti di SMK Negeri 5 Surakarta yang ditinjau dari parameter pola pembelajaran training dan sumber daya manusia.Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dan dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI bidang keahlian teknologi konstruksi dan properti SMK Negeri 5 Surakarta. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan correlatepada software program SPSS 16.0 dan uji reliabilitas instrumen menggunakan reliability analysis pada software SPSS 16.0. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan teaching factory pada bidang keahlian teknologi konstruksi dan properti di SMK Negeri 5 surakarta pada parameter pola pembelajaran training efektif yang ditunjukkan dengan nilai rerata efektivitas sebesar 73,70. Sedangkan efektivitas pelaksanaan teaching factory pada bidang keahlian teknologi konstruksi dan properti di SMK Negeri 5 surakarta pada parameter sumber daya manusia efektif yang ditunjukkan dengan nilai rerata efektivitas sebesar 70,35.

Kata kunci: Efektivitas, teaching factory, pola pembelajaran training, sumber daya manusia

 

×
Penulis Utama : Purwita Sari Rebia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515053
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas pelaksanaan teaching factory ditinjau dari pola pembelajaran training dan sumber daya manusia di SMK Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1515053-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ida Nugroho Saputro, ST.,M.Eng.
2. Drs. Waluyo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.