Penulis Utama : Yasmin Hilyatul Jannah
NIM / NIP : K5414053
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1)Mengetahui persebaran indekos berdasarkan harga dan fasilitas di lokasipenelitian (2) Mengetahui tingkat kerawanan banjir di LokasiPenelitian (3) Mengetahui jumlah indekos berada pada daerah rawan banjir (4) Mengetahui kelayakanhunianmahasiswa di lokasipenelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Unit analisis yang digunakan adalah administrasi yakni Kelurahan Jebres. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu: (1) Analisispolapersebaranindekos berdasarkan klasifikasi harga dan fasilitas (2) Skoring dan pengharkatan parameter kerawanan banjir di LokasiPenelitian, (3) Analisis deskriptif terhadap overlay data kerawanan banjir dan persebaran indekos dengan pendekatan spasial, (4) Skoringuntukmengklasfikasikanstatus kelayakanindekos.
Hasil penelitian ini adalah (1) Persebaran indekos di LokasiPenelitian berdasarkan harga dan fasilitas kelas 1 sampai dengan kelas 7. Indekoskelas 1 dan 2 memilikipolapersebarandispersed (tersebar) sedangkanindekoskelas 3 sampai 7 memilikipolapersebaranclustered (mengelompok). (2) Terdapat 3 tingkat kerawanan banjirdenganrincian tidak rawanseluas175,92 ha (55,03%), agakrawanseluas 63,61 ha (19,9%) dan rawanseluas 80,14 ha (25,07%). (3) Jumlah indekos yang berada pada daerah rawan banjiryakni 72 bangunanindekosdarijumlah total 269. (4) Kelayakanhunianindekos yang terdapat 5 macam, yakni: SangatLayak (skor 10), Layak (skor 8-9), CukupLayak (skor 6-7), AgakLayak(skor 4-5) dan KurangLayak (skor 2-3).
Kata kunci: indekos,harga dan fasilitas, tingkat kerawanan banjir dan layak huni.

 

×
Penulis Utama : Yasmin Hilyatul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414053
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kelayakan Hunian bagi Mahasiswa dan Tingkat Kerawanan Banjir Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2018 (Suplemen Pembelajaran Geografi SMA Kelas XII Semester Genap pada Materi Pokok Manfaat SIG dalam Potensi Wilayah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Geografi-K5414053-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setya Nugraha, S.Si, M.Si
2. Seno Budhi Ajar, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.