Penulis Utama : Ardelia Dyah Ayu Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201508002
Tahun : 2019
Judul : Perbandingan efek krim ekstrak biji okra (Abelmoschus Esculantus l.) dan tretinoin 0,05% terhadap ekspresi kolagen tipe I pada tikus galur wistar yang dipapar sinar ultraviolet b
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Kesehatan Kulit dan Kelamain-S201508002-2019
Subyek : EKSTRAK BIJI OKRA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Manifestasi klinis photoaging pada kulit disebabkan karena adanya perubahan matriks kulit, salah satunya adalah penurunan kolagen tipe I. Paparan kronis sinar UVB dapat menyebabkan kerusakan DNA dan menyebabkan terbentuknya reactive oxygen species (ROS). Pembentukan radikal bebas dapat dicegah dan dihambat oleh antioksidan. Okra (Abelmoschus esculentus L.) merupakan tanaman daerah tropis yang memiliki aktivitas antioksidan yang baik dan mengandung phytochemical senyawa polifenol dan flavonoid, yaitu quercetin, antosianin, katekin, dan rutin.
Tujuan
Mengetahui perbandingan efek krim ekstrak biji Okra (Abelmoschus esculentus L.) dan tretinoin 0,05% terhadap ekspresi kolagen tipe I pada tikus galur Wistar  yang dipapar sinar UVB.
Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik dengan rancangan pre dan post test control group design menggunakan hewan uji tikus betina galur Wistar  sebanyak 35 tikus yang dibagi menjadi 5 kelompok secara acak. Kelompok A tanpa dioleskan krim apapun, kelompok B dioleskan krim biji Okra 4%, kelompok C dioleskan krim biji Okra 6%, kelompok D dioleskan krim biji Okra 8%, dan kelompok E dioleskan krim tretinoin 0,05%. Semua kelompok dipaparkan dengan penyinaran ultraviolet B seminggu 3x selama 4 minggu dengan dosis total 840 mj/cm2. Pemeriksaan kolagen tipe I sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan immunohistokimia kolagen tipe I. Analisis data menggunakan uji nonparametrik Kruskal-Wallis dan uji post hoc Mann-Whitney.
Hasil
Analisis perbandingan efek krim ekstrak biji Okra dan tretinoin 0,05% terhadap ekspresi kolagen tipe I menggunakan uji Kruskal-Wallis menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada ekspresi kolagen tipe I pra dan pascaperlakuan (p = 0.006 (<0>Kesimpulan
Ekspresi kolagen tipe I pada kelompok yang diberikan krim ekstrak biji Okra (Abelmoschus esculentus L.) lebih tinggi dibanding kelompok yang diberikan krim tretinoin 0,05?n ekstrak biji Okra 6% memiliki efek terbaik pada ekspresi kolagen tipe I.
Kata Kunci: kolagen, okra, photoaging, sinar ultraviolet

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003161402211009.jpg
HALAMAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Moerbono Mochtar Sp.KK(K)
2. dr. Suci Widhiati, M.Sc, Sp.KK
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana