Penulis Utama : Brillian Aqif Naufal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515019
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Penguapan Metode Splash pada Vapor Carburetor terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Supra Fit dengan Variasi Bahan Bakar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Teknik Mesin-K2515019-2019
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menyelidiki pengaruh penggunaan vapor carburetor dengan metode splash terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Supra Fit. (2) menyelidiki tentang perbandingan tingkat konsumsi bahan bakar sepeda motor Supra Fit sebelum (standar) dan sesudah menggunakan vapor carburetor dengan metode splash. (3) menyelidiki bahan bakar paling efektif dalam penggunaan vapor carburetor dengan metode splash pada sepeda motor Supra Fit.
    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah mesin sepeda motor Supra Fit. Data diperoleh dari uji konsumsi bahan bakar pada kondisi putaran mesin rendah 1500 rpm, menengah 3500 rpm dan tinggi 5500 rpm dengan variasi bahan bakar RON 90, RON 92 dan RON 98. Pengujian konsumsi bahan bakar dengan menghitung waktu dengan stopwatch untuk melihat lamanya waktu  menggunakan 50 ml bahan bakar hingga habis.
    Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan vapor carburetor dapat menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar pada sepeda motor supra fit. penurunan konsumsi bahan bakar yaitu sebesar 34,4%. (2) Terdapat perbedaan tingkat konsumsi bahan bakar sepeda motor Supra Fit sebelum (standar) dan sesudah menggunakan vapor carburetor. Perbedaan terbesar terjadi pada putaran 5500 rpm menggunakan bahan bakar RON 90, pada kondisi sebelum (standar) konsumsinya sebesar 11,46 ml/menit menjadi 5,88 ml/menit setelah penggunaan vapor carburetor. (3) Setiap jenis bahan bakar menunjukan hasil yang berbeda beda pada penggunaan vapor carburetor. Bahan bakar RON 90 merupakan bahan bakar yang paling efektif dengan penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 37,85%.
Kata kunci: Vapor Carburetor, Metode Splash, Konsumsi Bahan Bakar

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si
2. Basori, .S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP