Penulis Utama : Triyani Puspita
NIM / NIP : K4215063
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk diksi dan gaya bahasa dalam antologi cerkak karya Anjrah Lelono Broto; (2) nilai pendidikan yang terdapat dalam antologi cerkak karya Anjrah Lelono Broto; (3) relevansi antologi cerkak karya Anjrah Lelono Broto sebagai materi ajar pembelajaran bahasa Jawa cerita cekak di kelas X SMA Negeri 1 Wonosari.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika. Data dalam penelitian ini adalah bentuk diksi dan gaya bahasa dalam antologi cerita cekak karya Anjrah Lelono Broto dan nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. Sumber data pada penelitian ini adalah antologi cerita cekak yang berjudul “Emak, Sayak, Lan Hem Kothak-Kothak” karya Anjrah Lelono Broto dan hasil wawancara dengan informan seperti ahli bahasa, guru bahasa Jawa, dan siswa kelas X SMA. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian (analisis) dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model interaktif.
Hasil penelitian analisis diksi dan gaya bahasa serta nilai pendidikan dalam antologi cerita cekak yang berjudul “Emak, Sayak, Lan Hem Kothak-Kothak” karya Anjrah Lelono Broto ini dikelompokkan sebagai berikut. Pertama, hasil penelitian mengenai bentuk diksi yang ditemukan berupa kata, frasa, maupun klausa yang merupakan campur kode, alih kode, akronim, kata kiasan, kata konotatif, simbolisme, dan dialek. Hasil penelitian mengenai bentuk gaya bahasa yang ditemukan berupa majas simile, personifikasi, hiperbola, ironi, dan sarkasme. Kedua, hasil penelitian mengenai nilai pendidikan yang ditemukan terbagi ke dalam empat jenis yaitu nilai pendidikan moral, sosial, agama, dan budaya. Ketiga hasil penelitian mengenai relevansi diksi dan gaya bahasa serta nilai pendidikan dalam antologi cerita cekak karya Anjrah Lelono Broto tersebut sebagai materi ajar cerita cekak menulis dan menyajikan sinopsis teks cerita cekak yang dibacanya di kelas X SMA Negeri 1 Wonosari yaitu relevan karena sesuai dengan kurikulum K13 serta tingkat bahasa dan temanya sesuai dengan jenjang anak kelas X SMA.

Kata Kunci : diksi, gaya bahasa, nilai pendidikan, antologi cerita cekak, materi ajar

×
Penulis Utama : Triyani Puspita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215063
Tahun : 2019
Judul : Antologi Cerkak “Emak, Sayak, Lan Hem Kothak-Kothak” Karya Anjrah Lelono Broto (Kajian Stilistika, Nilai Pendidikan, Serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di SMA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4215063-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Favorita Kurwidaria S.S.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.