Penulis Utama : Novika Rahayu
NIM / NIP : K4215042
×

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian analisis implikatur, yaitu salah satu cabang ilmu bahasa yang mempelajari tentang maksud dari suatu tuturan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam Penelitian ini merupakan penelitian analisis implikatur, yaitu salah satu cabang ilmu bahasa yang mempelajari tentang maksud dari suatu tuturan. Adapun komik bahasa Jawa yang diunggah di instagram Goresan.dody karya Dody Yudo Winarto; (2) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam komik bahasa Jawa yang diunggah di instagram Goresan.dody karya Dody Yudo Winarto; (3) mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi komik bahasa Jawa yang diunggah di instagram Goresan.dody sebagai materi ajar menelaah dialog di SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik studi pustaka, wawancara mendalam, teknik baca, dan teknik studi dokumentasi data elektronik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik uji validitas data dengan menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan model analisis interaktif .
Hasil dari analisis data penelitian ini sebagai berikut. Pertama, pelanggaran prinsip kerja sama dalam komik bahasa Jawa yang diunggah di instagram Goresan.dody karya Dody Yudo Winarto meliputi maksim kualitas, maksim kuantitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Jenis maksim yang sering dilanggar adalah maksim cara. Kedua, terdapat lima belas pendidikan karakter dalam komik bahasa Jawa yang diunggah di instagram Goresan.dody karya Dody Yudo Winarto meliputi nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif,nilai mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Ketiga, dari hasil wawancara dengan narasumber, komik bahasa Jawa yang diunggah di instagram Goresan.dody karya Dody Yudo Winarto relevan digunakan sebagai materi ajar menelaah dialog/percakapan di SMP.

Kata Kunci : Komik Instagram, Implikatur, Pendidikan Karakter, Materi Ajar

×
Penulis Utama : Novika Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215042
Tahun : 2019
Judul : Analisis Implikatur dan Nilai Pendidikan Karakter pada Komik di Instagram Goresan.Dody serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Menelaah Dialog di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4215042-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.