Penulis Utama : Intan Damayanti
NIM / NIP : K4215033
×

Abstrak

Kepribadian yang ada dalam diri seseorang akan menunjukkan karakter yang dimilikinya. Watak yang terbentuk sejak kecil, tergambar dari pola perilaku dan pola pikir yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Peristiwa yang telah terjadi kemudian disampaikan kembalioleh pengarang menjadi sebuah karya sastra dengan pesan-pesan didalamnya. Hal tersebut yang mendukung dalam pengambaran karakter seseorang melalui tokoh yang ada dalam sebuah karya sastra, salah satunya yaitu tokoh utama dalam kumpulan cerkak majalah Panjebar Semangat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan unsurintrinsik dalam kumpulan cerkak majalah Panjebar Semangat, aspek kepribadian tokoh utama dalam kumpulan cerkak majalah Panjebar Semangat dan relevansi kumpulan cerkak dalam majalah Panjebar Semangat sebagai materi ajar yang ada di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan psikologi sastra. Sumber data diperoleh dari informan dan dokumen dengan teknik pengambilan subjek yaitu teknik purposive sampling, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan analisis dokumen. Kevalidan data yang ada diuji dengan triangulasi teori dan sumber disertai dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif  yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Penelitian dapat disimpulkan unsur intrinsik dalam kumpulan cerkak majalah Panjebar Semangat, beberapa diantaranya yaitu tema, alur, latar, dan penokohan yang digambarkan oleh pengarang secara langsung maupun tidak, aspek kepribadian penting dalam tokoh utama dari kumpulan cerkak majalah Panjebar Semangat antara lain Id, Ego, dan Superego, sebagian besar yaitu ego yang menguat seperti berpikir logis, membuat keputusan dalam menyelesaikan masalah, dan penalaran yang berkembang sesuai usianya, serta relevansinya dengan materi ajar mata pelajaran bahasa Jawa di SMA yang mengacu pada silabus dengan Kompetensi Dasar (KD) tentang cerkak.

Kata Kunci : aspek kepribadian, materi ajar bahasa Jawa

×
Penulis Utama : Intan Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215033
Tahun : 2019
Judul : Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerkak Majalah Panjebar Semangat dan Relevansinya sebagai Materi Ajar di SMA (Kajian Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4215033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S.,M.Pd.
2. Favorita Kurwidaria, S.S.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.