Penulis Utama : Ulima Amalia
NIM / NIP : K4214050
×

Abstrak

Novel merupakan salah satu karya sastra yang memuat aspek kehidupan secara rinci. Sebuah karya sastra novel dapat dikaji menggunakan sosiologi sastra karena tidak terlepas dari kehidupan pengarang dan aspek kehidupan masyarakat serta pembaca. Karakteristik novel yang baik adalah mengandung nilai-nilai pendidikan dan sesuai dengan sosial budaya masyarakat. Salah satu novel yang menarik untuk dikaji menggunakan sosiologi sastra dan memiliki karakteristik novel yang baik yaitu novel Ringin Garing karya Tulus Setiyadi. Novel Ringin Garing karya Tulus Setiyadi menggambarkan kehidupan masyarakat dan memuat nilai pendidikan yang dapat dijadikan contoh bagi pembaca. Maka novel Ringin Garing karya Tulus Setiyadi bisa dijadikan sebagai referensi untuk materi ajar di SMA. Faktor tersebut dapat menjadi alasan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur novel Ringin Garing karya Tulus Setiyadi, novel Ringin Garing ditinjau dari aspek sosiologi sastra, nilai-nilai pendidikan dalam novel Ringin Garing karya Tulus Setiyadi, dan relevansi novel Ringin Garing karya Tulus Setiyadi sebagai materi ajar di Sekolah Menengah Atas.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data pada penelitian ini berupa dokumen dari novel Ringin Garing, buku, jurnal, silabus dan informan seperti pengarang, guru bahasa Jawa, siswa, pembaca. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Prosedur penelitian ini meliputi persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian, penyusunan laporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Ringin Garing karya Tulus Setiyadi mengandung struktur novel berupa tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan tema yang saling terkait. Sosiologi sastra sebagai cermin perilaku masyarakat, nilai pendidikan seperti nilai agama atau religius, nilai sosial, nilai moral, dan nilai budaya, serta relevan untuk diterapkan sebagai materi ajar siswa Sekolah Menengah Atas di kelas XI.

Kata Kunci : novel, sosiologi sastra, nilai pendidikan, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Ulima Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214050
Tahun : 2019
Judul : Analisis Novel Ringin Garing Karya Tulus Setiyadi serta Relevansinya sebagai Materi Ajar di Sekolah Menengah Atas (Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4214050-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Rahmat, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.