Penulis Utama : Aya Shofia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1614012
Tahun : 2019
Judul : Kegiatan Press Release pada Fungsi Communication Relations di PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. DIII Hubungan Masyarakat- D1614012-2019
Subyek : PUBLIC RELATIONS, COMMUNICATION RELATIONS
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kegiatan Kuliah Kerja Media atau KKM merupakan proses menyelesaikan akademik dan sebuah syarat kelulusan. Kuliah Kerja Media bertujuan untuk memberikan kesempatan pada peserta, dalam hal ini Public Relations, mengaplikasikan teori dari disiplin ilmu yang didapatnya selama di bangku kuliah serta mendapatkan pengalaman dan mengetahui kegiatan Public Relations suatu instansi secara langsung.
Untuk memenuhi pengetahuan terkait dunia kehumasan dalam lingkungan kerja, penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media di PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya yang beralamat di Jalan Jagir Wonokromo nomor 88 Surabaya selama dua bulan pada periode 11 Maret sampai dengan 10 Mei, dengan waktu pelayanan Senin sampai Jumat, pukul 07.00 wib hingga 16.00 wib.
Alasan penulis memilih melakukan kegiatan Kuliah Kerja Media di PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya ialah, ketertarikan pada bagaimana praktek Public Relations bekerja di sebuah perusahaan kelas nasional. Bagaimana seorang pemraktek berkomunikasi dengan publiknya bila terdapat hal-hal yang kurang menguntungkan bagi perusahaan, mengingat Pertamina adalah perusahaan dengan potensi high risk.  Dan secara pribadi, penulis ingin menguji teori yang telah didapat di bangku kuliah mengenai Public Relations pada fungsi perusahaan maupun agensi.
The British Intitute of Public Relations mendefinisikan fungsi Public Relations sebagai berikut, “The deliberate, planned and sustained effort to establish and maintain mutual understanding between an organization and its public.” Yang artinya, Upaya untuk mantap, berencana dan berkesinambungan untuk menciptakan dan membina pengertian bersama antara organisasi dengan khalayaknya. (Effendy, 1982: 173)
Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media di bawah fungsi Communication Relations yang berada satu unit manajer dengan fungsi CSR-PKBL. Penulis melaksanakan berbagai tugas kehumasan seperti, mengikuti dan meliput kegiatan, bertemu dengan para awak media pada acara media gathering, melakukan media monitoring, hingga berlatih menulis press release yang juga merupakan focus of interest penulis.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra S.Sos, M.Ikom
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP