Penulis Utama : Dita Wrisnijati
NIM / NIP : S531608009
×

Abstrak

Latar Belakang: Dismenore merupakan nyeri perut bagian bawah yang terjadi selama menstruasi. Masalah ini sangat lazim terjadi pada remaja perempuan dengan prevalensi diperkirakan hingga 45-90%. Dismenore berpengaruh negatif secara fisik, psikologis dan sosial secara keseluruhan. Pengobatan tradisional dengan mengonsumsi minuman herbal seringkali dipilih menjadi upaya meredakan nyeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jus nanas dan minuman jahe sebagai minuman herbal dalam menurunkan nyeri pada remaja berusia 15-17 tahun yang mengalami dismenore primer.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan Pre and Post-test with control group design. Penelitian dilakukan di tiga sekolah menengah atas di Surakarta, pada Januari sampai April 2018. Total sebanyak 39 siswi berusia 15-17 tahun dengan dismenore derajat sedang dan berat, berpartisipasi dalam penelitian ini. Subjek dibagi menjadi tiga kelompok, satu kelompok diberi jus nanas, satu kelompok diberi minuman jahe, dan satu kelompok lainnya menjadi kontrol. Perlakuan diberikan satu kali sehari selama 3 hari pertama menstruasi selama 3 siklus menstruasi. Skor nyeri ditentukan menggunakan numeric rating scale (NRS). Data dianalisis dengan analisis deskriptif, Uji Wilcoxon, dan Uji Mann-Whitney menggunakan SPSS v.23.
Hasil: Terdapat penurunan skor nyeri yang signifikan setelah pemberian jus nanas (3,39±0,54), dan minuman jahe (2,01±0,77) dibandingkan dengan kelompok kontrol (p<0>Kesimpulan: Jus nanas memiliki pengaruh yang lebih baik dibanding minuman jahe dalam menurunkan derajat dismenore primer pada remaja usia 15-17 tahun.

Keywords : Dismenore, pereda nyeri, jus nanas, minuman jahe

×
Penulis Utama : Dita Wrisnijati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531608009
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Jus Nanas (Ananas Comosus (L.) atau Minuman Jahe (Zingibers Officinale) terhadap Derajat Dismenore Primer pada Remaja Usia 15-17 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Gizi-S531608009-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budiyanti Wiboworini, dr, M.Kes., SpGK.
2. Dr. Sugiarto, dr, Sp.PD, (KEMD) FINASIM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.