Penulis Utama : Rendra Tri Ananda
NIM / NIP : K3113057
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada keefektifan dalam pemberian teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi kecemasan komunikasi terhadap peserta didik SMPN 2 Tasikmadu kelas VII.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Control Group Pretest-Posttest Design dengan bentuk desain eksperimen Nonequivalen.
Populasi data penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP N 2 Tasikmadu. Sampel yang terpilih adalah kelas VII E dan VII B dengan teknik pengambilan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data peneliti yaitu restrukturisasi kognitif dengan menggunakan angket tertutup dalam bentuk checklist. Langkah awal yang dilakukan oleh peneliti adalah mengukur tingkat kecemasan peserta didik dengan instrument angket kecemasan komunikasi sebelum dilakukan treatment. Jumlah sampel 24 peserta didik kemudian dibentuk menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 12 peserta didik. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik Mann Whitney dengan signifikasi 0,05.
Hasil penelitian diperoleh siginifikansi 0.008 dari hasil uji Mann Whitney  sehingga dapat disimpukan bahwa Ha diterima karena signifikansinya (0.008) < 0>Kesimpulan bimbingan kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk mereduksi kecemasan komunikasi peserta didik SMPN 2 Tasikmadu kelas VII E dan B .

Kata Kunci : Restrukturisasi Kognitif, Kecemasan, Komunikasi

×
Penulis Utama : Rendra Tri Ananda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113057
Tahun : 2019
Judul : Keefektifan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Kecemasan dalam Komunikasi pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmadu Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3113057-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Sutarmi Fadhilah, M.Pd.
2. Ulya Makhmudah, S.Pd.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.