Penulis Utama : Sari Martanti
NIM / NIP : K1215040
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) bentuk-bentuk kalimat yang diujarkan oleh anak usia 3-5 tahun; (2) tingkat kemampuan pemerolehan bahasa anak usia 3-5 tahun dengan menggunakan penghitungan Mean Length of Utterance (MLU); (3) peranan dongeng terhadap pemerolehan bahasa anak; dan (4) pembentukan karakter anak usia 3-5 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan psikolinguistik. Pendekatan psikolinguistik digunakan untuk menganalisis pemerolehan bahasa anak. Data dalam penelitian ini adalah pemerolehan sintaksis yang diidentifikasi dalam bentuk-bentuk kalimat yang diujarkan anak. Sumber data dalam penelitian ini berupa informan yaitu anak usia 3-5 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik wawancara mendalam (in-depth interviewing) dari informan yang telah ditentukan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model diagram air.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) tingkat pemerolehan bahasa anak pada kondisi awal sebelum diberikan stimulus dongeng rakyat berdasarkan penghitungan Mean Length of Utterance (MLU) masih rendah; (2) penggunaan dongeng rakyat mampu menunjukkan perannya sebagai stimulus pemerolehan bahasa dengan adanya peningkatan pemerolehan bahasa anak; dan (3) dongeng rakyat berperan sebagai stimulus pembentukan karakter bagi anak usia 3-5 tahun.

Kata Kunci : psikolinguistik, pemerolehan bahasa, sintaksis, pembentukan karakter, dongeng, MLU

×
Penulis Utama : Sari Martanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215040
Tahun : 2019
Judul : Pemerolehan Bahasa dan Pembentukan Karakter melalui Stimulus Dongeng Rakyat pada Anak Usia 3-5 Tahun di Paud Nurul Iman Karangpandan Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215040-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M.Pd.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.