Penulis Utama : Hari Agus Sasongko
NIM / NIP : K1213030
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek tekstual dan kontekstual dalam teks drama karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2016-2017. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah kumpulan teks drama karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo. Data sekunder yang digunakan adalah berupa artikel, buku, jurnal dan hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti. Data yang digunakan diambil dengan metode purposive sampling. Untuk menguji keabsahan/validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, dan triangulasi teori.
Hasil dari penelitian ini adalah 179 data pengacuan, 23 data penyulihan, dan 60 data perangkaian. Adapun peneliti menemukan tiga buah data pengacuan, yaitu pengacuan persona, demonstratif, dan komparatif. Adapun perinciannya sebagai berikut: terdapat 122 data pengacuan persona, 41 data pengacuan demontratif, dan 16 pengacuan komparatif. Dalam teks drama karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo ditemukan juga aspek leksikal. Aspek leksikal yang ditemukan antara lain: (1) repetisi, (2) sinonimi, (3) antonimi, dan (4) kolokasi. Perinciannya adalah sebagai berikut: 37 data repetisi, 6 data sinonimi, 12 data antonimi, dan 16 data kolokasi. Dalam penelitian ini terdapat empat prinsip yang menjadi acuan dalam analisis kontekstual teks drama, yaitu: 1) prinsip penafsiran personal, 2) prinsip penafsiran lokasional, 3) prinsip penafsiran temporal, dan 4) prinsip analogi. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat unsur konteksual dalam kumpulan teks drama karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo. Naskah teks drama karya siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo terdapat aspek tekstual, yaitu leksikal dan gramatikal. Terdapat empat prinsip yang menjadi acuan dalam analisis kontekstual teks drama, yaitu prinsip penafsiran personal, prinsip penafsiran lokasional, prinsip penafsiran temporal, dan prinsip analogi.

Kata Kunci : tekstual, kontekstual, teks drama

×
Penulis Utama : Hari Agus Sasongko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213030
Tahun : 2019
Judul : Analisis Tekstual dan Kontekstual Teks Drama Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213030-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nugraheni Eko. W, M.Hum.
2. Dr. Raheni Suhita, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.