Penulis Utama : Ibnu Mudhakir
NIM / NIP : K1515035
×

Abstrak

Tanah lempung ekspansif merupakan tanah yang banyak mengandung mineral montmorillonite dan illite. Tanah ini memiliki sifat plastisitas yang tinggi, daya dukung yang rendah, dan juga kuat geser yang rendah.  Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kondisi tanah eksapansif adalah di daerah Soko, Ngawi, Jawa Timur. Kepekaan mineral ini terhadap air berpengaruh terhadap rendahnya daya dukung tanah. Parameter tanah yang diperlukan untuk mengetahui daya dukung tanah pada umumnya dinyatakan dengan besarnya nilai kuat tekan dan CBR (California Bearing Ratio). Daya dukung tanah yang rendah membuat beban yang dipikul oleh tanah juga rendah, sehingga ketika terjadi penambahan beban akan terjadi penurun tanah. Dalam memperbaiki struktur tanah harus memperhatikan aspek lingkungan, salah satunya adalah mengenai pemanfaatan limbah yang tidak terpakai, yaitu limbah gypsum dan limbah kaca yang banyak mengandung mineral yang dapat digunakan untuk menstabilkan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perubahan nilai daya dukung tanah bila distabilkan  menggunakan limbah kaca dan limbah gypsum, (2) presentase optimum penggunaan limbah kaca dan limbah gypsum terhadap nilai daya dukung tanah.
Desain penelitian ini memaparkan hubungan antara variabel yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai penggunaan limbah kaca dan limbah gypsum sebagai bahan dalam stabilisasi tanah ekspansif terhadap daya dukung tanah. Dimana limbah kaca dan limbah gypsum sebagai variabel bebas sedangkan daya dukung tanah sebagai variabel terikat. Sedangkan untuk variabel kontrolnya adalah tanah asli desa Soko, Ngawi.
Hasil penelitian didapatkan Nilai CBR maksimum pada variasi 10% limbah gypsum dengan 8% serbuk kaca. Dimana nilai CBR unsoaked pada tanah asli sebesar 7,875% sedangkan pada CBR soaked sebesar 1,975%, setelah dilakukan stabilisasi dengan limbah gypsum dan serbuk kaca mengalami perubahan nilai CBR unsoaked menjadi 38,327% dan CBR soaked menjadi 6,252%.

Kata Kunci : tanah ekspansif, limbah gypsum, serbuk kaca, stabilisasi tanah, CBR

×
Penulis Utama : Ibnu Mudhakir
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515035
Tahun : 2019
Judul : Kajian Penambahan Limbah Gypsum dan Serbuk Kaca terhadap Stabilisasi Tanah Lempung Ekpansif Ditinjau dari Daya Dukung Tanah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1515035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aryanti Nurhidayati, S.T., M.Eng.
2. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.