Penulis Utama : Muhsin Bagus Prasetyo
NIM / NIP : K1514051
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Pengaruh penggunaan serbuk kaca sebagai pengganti agregat halus terhadap berat jenis beton, kuat tekan beton, dan modulus elastisitas beton dengan variasi limbah kaca 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40% terhadap berat pasir; (2) Persentase penggunaan serbuk kaca sebagai pengganti agregat halus yang termasuk ke dalam berat jenis beton normal; (3) Persentase penggunaan serbuk kaca sebagai pengganti agregat halus yang menghasilkan kuat tekan beton optimal; (4) Persentase penggunaan serbuk kaca sebagai pengganti agregat halus yang menghasilkan modulus elastisitas beton optimal.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil analisis kuat tekan beton dan hasil penelitian yang relevan. Sampel penelitian ini berupa beton yang menggunakan bahan pengganti serbuk kaca dengan berbagai variasi persentase berjumlah 4 sampel untuk setiap variasinya. Teknik mendapatkan data dalam penelitian ini dengan uji kuat tekan, uji modulus elastisitas, dan berat jenis beton. Teknik analisis data menggunakan teknik uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data dapat ditemukan (1) Pengaruh penggantian serbuk kaca sebagai agregat halus terhadap berat jenis beton tidak berpengaruh signifikan; (2) Pengaruh penggantian serbuk kaca sebagai agregat halus terhadap kuat tekan beton berpengaruh signifikan, yaitu sebesar 25,8%; (3) Pengaruh penggantian serbuk kaca sebagai agregat halus terhadap modulus elastisitas beton tidak berpengaruh signifikan; (4) Semua persentase variasi serbuk kaca sebagai pengganti agregat halus termasuk ke dalam kategori berat jenis beton normal; (5) Persentase serbuk kaca sebagai pengganti agregat halus yang menghasilkan kuat tekan beton optimal terdapat pada persentase penggantian serbuk kaca 40% yaitu sebesar 18,031 MPa; (6) Persentase serbuk kaca sebagai pengganti agregat halus yang menghasilkan modulus elastisitas beton optimal terdapat pada persentase penggantian serbuk kaca 30% yaitu sebesar 30870,175 MPa.

Kata Kunci : serbuk kaca, fly ash, dan beton

×
Penulis Utama : Muhsin Bagus Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514051
Tahun : 2019
Judul : Pemanfaatan Limbah Kaca sebagai Pengganti Agregat Halus dan Fly Ash sebagai Pengganti 30?ri Berat Semen terhadap Berat Jenis, Kuat Tekan, dan Modulus Elastisitas pada Beton Ramah Lingkungan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1514051-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng.
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.