Penulis Utama : Abu Hanif
NIM / NIP : K1514001
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki (1)  Pengaruh limbah kaca sebagai bahan pengganti agregat halus terhadap kuat tekan beton, (2) Pengaruh limbah kaca sebagai bahan pengganti agregat halus terhadap berat jenis beton, (3) Pengaruh limbah kaca sebagai bahan pengganti agregat halus terhadap modulus elastisitas beton, (4) Persentase kuat tekan optimal yang dihasilkan dari penggantian agregat halus dengan limbah kaca, (5) Persentase penggunaan serbuk kaca sebagai pengganti pasir yang optimal agar diperoleh berat jenis beton normal, (6) Persentase modulus elastisitas optimal yang dihasilkan dari pergantian agregat halus dengan limbah kaca.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil analisis kuat tekan beton, buku-buku penunjang maupun hasil-hasil penelitian yang relevan dengan penelitian ini.. Benda uji yang digunakan berupa silinder berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm sebanyak 20 buah untuk uji berat jenis, kuat tekan, dan modulus elastisitas.
Hasil penelitian ini adalah (1) pengaruh variasi penggantian serbuk kaca sebagai agregat halus dan fly ash 10?ri berat semen terhadap kuat tekan beton sebesar 14,4%, namun tidak signifikan terhadap kuat tekan beton; (2) pengaruh variasi penggantian serbuk kaca sebagai agregat halus dan fly ash 10?ri berat semen terhadap berat jenis beton dengan nilai sebesar 13,6% atau namun tidak berpengaruh signifikan terhadap berat jenis beton; (3) pengaruh variasi penggantian serbuk kaca sebagai agregat halus dan fly ash 10?ri berat semen terhadap modulus elastisitas beton sebesar 20,7%, namun tidak signifikan terhadap modulus elastisitas beton; (4) Persentase serbuk kaca optimal sebagai pengganti agregat halus yang menghasilkan kuat tekan beton maksimal terdapat pada persentase penggantian serbuk kaca 30% yaitu sebesar 19,528 MPa. (5) Semua persentase serbuk kaca sebagai pengganti agregat halus menghasilkan berat jenis beton normal. (6) Persentase serbuk kaca optimal sebagai pengganti agregat halus yang menghasilkan modulus elastisitas beton maksimal terdapat pada persentase penggantian serbuk kaca 20% yaitu sebesar  27791,915 Mpa.

Kata Kunci : beton, limbah kaca, kuat tekan, berat jenis, modulus elastisitas

×
Penulis Utama : Abu Hanif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514001
Tahun : 2019
Judul : Pemanfaatan Limbah Kaca sebagai Pengganti Agregat Halus dan Fly Ash sebagai Pengganti 10?ri Berat Semen terhadap Kuat Tekan, Berat Jenis, dan Modulus Elastisitas Beton pada Beton Ramah Lingkungan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1514001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng.
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.