Penulis Utama : Hanifah Setiowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831602013
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Modul Kimia Berbasis Predict-Observe- Explain (POE) untuk Mengurangi Miskonsepsi dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kelarutan Kelas XI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S831602013-2016
Subyek : MODUL KIMIA, POE, MISKONSEPSI, HASIL BELAJAR, KESETIMBANGAN KELARUTAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan modul  kimia  berbasis  Predict-Observe-Explain (POE)  yang dapat  mengurangi miskonsepsi dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kesetimbangan kelarutan kelas XI SMA, (2) kelayakan modul kimia berbasis Predict-Observe- Explain (POE) yang dapat mengurangi miskonsepsi dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kesetimbangan kelarutan kelas XI SMA, (3) efektivitas penggunaan modul kimia berbasis Predict-Observe-Explain (POE)  yang dapat mengurangi miskonsepsi  dan meningkatkan prestasi belajar siswa  pada materi kesetimbangan kelarutan.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap. Modul divalidasi oleh para validator dan kemudian dinilai oleh responden berdasarkan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode angket, observasi, dan tes. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran para validator pada tahap validasi; dan saran dari para responden pada tahap uji coba skala kecil, menengah, dan lapangan. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi modul; angket respon pada tahap uji coba skala kecil, menengah, dan lapangan; serta hasil belajar siswa yang meliputi aspek   pengetahuan,   sikap,   dan keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Modul Kimia berbasis Predict- Observe-Explain (POE) pada materi kesetimbangan kelarutan telah dikembangkan melalui tahap pengembangan Borg dan Gall berupa Penelitian dan Pengumpulan informasi, Perecanaan, Pengembangan bentuk awal produk, Uji lapangan tahap awal, Revisi produk awal, Uji lapangan utama, Revisi produk utama, Uji pelaksanaan  lapangan,  Revisi  akhir  produk;  (2)  Hasil  uji  coba  menunjukkan bahwa   Modul   Kimia   berbasis  POE pada   materi   kesetimbangan   kelarutan mendapat penilaian dengan kategori “Sangat Baik” berdasarkan kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan; (3) Modul Kimia berbasis POE pada materi kesetimbangan  kelarutan efektif  untuk  mengurangi  miskonsepsi  dan meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan perbedan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata Kunci : modul kimia, POE, miskonsepsi, hasil belajar, kesetimbangan kelarutan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si., M.Si.
2. Prof. Dr. Ashadi
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana