Penulis Utama : Muhammad Alfattahillah
NIM / NIP : D0412045
×

ABSTRAK

Globalisasi telah menjadi subjek yang menonjol untuk dibahas pada abad ini karena pengaruhnya telah secara intens menembus banyak aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan atau pendidikan tinggi secara khusus. Globalisasi dalam pendidikan tinggi telah berubah tercermin dari banyak bentuk kegiatan seperti mobilitas mahasiswa internasional, kemitraan internasional antara universitas dan banyak lainnya. Tren globalisasi ini terutama dalam pendidikan tinggi kemudian menetapkan beberapa standar khusus untuk memenuhi permintaan dunia global yang penuh dengan persaingan dan dinamika.
Dengan demikian, untuk menanggapi tantangan globalisasi yang semakin meningkat, lembaga pendidikan tinggi harus dapat mengikuti standar pendidikan global yang diinginkan oleh pasar global. Menyadari keadaan itu, UNS (Universitas Sebelas Maret), telah bertekad untuk menetapkan tujuan menjadi universitas kelas dunia yang terkenal. Banyak upaya dan tindakan telah dilakukan oleh UNS untuk memenuhi agenda internasionalisasi. Tujuan dari agenda ini adalah untuk melahirkan lulusan yang mampu dan kompetitif yang dapat bertemu dan beradaptasi di pasar global. Selain itu, UNS jelas perlu mengelola bertahan hidup di pasar kompetitif pendidikan tinggi. Oleh karena itu, program internasionalisasi adalah suatu keharusan bagi UNS.
Berangkat dari argumen itu, penelitian ini mencoba mengeksplorasi pelaksanaan program internasionalisasi atau agenda UNS dalam perspektif pendidikan internasional dengan kerangka waktu antara 2014 hingga 2019.

Kata kunci: Pendidikan Tinggi, Globalisasi, Internasionalisasi, UNS.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Alfattahillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0412045
Tahun : 2019
Judul : Program Internasionalisasi Universitas Sebelas Maret dalam Perspektif Edukasi Internasional (Pada Kurun Waktu 2014-2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Hubungan Internasional-D0412045-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.