Penulis Utama : Nadya Tamara Dewannjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0315045
Tahun : 2019
Judul : Peran Yayasan “Samin” dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak dalam Keluarga (Kasus Peran Yayasan “Samin” dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak dalam Keluarga di Kabupaten Sleman, D.I.Y)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Sosiologi-D0315045-2019
Subyek : KELUARGA, KEKERASAN ANAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Keluarga merupakan salah satu lembaga sosial yang ada di masyarakat. Keluarga juga merupakan tempat bagi anak untuk memperoleh pembinaan mental dan pembentukan kepribadian. Keluarga memiliki peran dan fungsi yang cukup besar terhadap perkembangan dan masa depan anak. Namun, pada faktanya munculnya kekerasan pada anak dalam keluarga sering terjadi, antara lain kekerasan yang melibatkan pihak ayah, ibu dan saudara yang lainnya. Kurangnya pengetahuan dan wawasan yang berhubungan dengan pengasuhan, pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan salah satu faktor terjadinya kekerasan terhadap anak. Dari berbagai kasus kekerasan terhadap anak, munculah salah satu NGO yaitu Yayasan SAMIN yang peduli terhadap isu-isu anak untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan terhadap kekerasan anak dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana peran Yayasan SAMIN dalam melakukan pencegahan dan penanganan kekerasan anak dalam keluarga, 2) bagaimana bentuk pencegahan dan penanganan yang dilakukan Yayasan SAMIN terhadap kasus kekerasan anak dalam keluarga.
Penelitian ini menggunakan Teori Perilaku Sosial Operant Conditioning dari B.F. Skinner. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu snowball sampling dengan menentukan informan secara acak yang mulanya berjumlah sedikit lama-lama menjadi besar. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Yayasan SAMIN telah menjelankan perannya dalam melakukan pencegahan kekerasan anak terhadap orang tua dan penanganan terhadap anak korban kekerasan dalam keluarga, 2) bentuk pencegahan kekerasan anak oleh orang tua adalah dengan sosialisasi, kampanye, dan KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi). Bentuk penanganan terhadap anak korban kekerasan yaitu dengan pendampingan.


Kata kunci: Keluarga, Kekerasan Anak, NGO

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarsana PGD in Pop&Dev
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP