Penulis Utama : Tri Dyah Rastiti
NIM / NIP : D0315058
×

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah menggambarkan peran ayah single parent dalam menjalankan fungsi keluarga pada masyarakat miskin di Kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perangkat peran (role set theory) yang dikemukakan oleh Robert K. Merton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian naturalistic inquiry. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu snowball sampling dan purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayah single parent sudah menjalankan fungsi keluarga. Pada fungsi sosialisasi, ayah sudah menjadi guru dan teladan bagi anak, sehingga anak memiliki karakter yang baik. Fungsi afeksi menunjukkan bahwa ayah menjadi teman bermain anak, sehingga anak menjadi lebih bersemangat dan membentuk rasa percaya diri dan kemandirian. Selain itu ayah sudah memberikan cinta dan kasih sayang kepada anak. Fungsi penentuan status menunjukkan bahwa ayah sudah memberikan dukungan kepada anak dan mengapresiasi potensi yang dimiliki. Fungsi perlindungan menunjukkan bahwa ayah sudah melindungi dan mengajarkan disiplin pada anak. Pada fungsi ekonomis, ayah sudah mencukupi kebutuhan makan anak, pakaian dan tempat tinggal yang sederhana. Ayah dalam menjalankan fungsi keluarga, tidak hanya memiliki hubungan sosial dengan anak, seperti anak tertua, tetangga, nenek, saudara, teman ayah, pihak sekolah dan pemilik warung makan dan toko.

Kata kunci : Single Parent, Fungsi Keluarga, Masyarakat Miskin

 

×
Penulis Utama : Tri Dyah Rastiti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0315058
Tahun : 2019
Judul : Peran Ayah Single Parent dalam Menjalankan Fungsi Keluarga pada Masyarakat Miskin di Kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Sosiologi-D0315058-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. LV. Ratna Devi Sakuntalawati, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.