Penulis Utama : Rinaldi Restuaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515074
Tahun : 2019
Judul : Studi Eksperimental Vapor Carburetor Menggunakan Metode Bubbling dan Splash terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Supra Fit
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2515074-2019
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan vapor carburetor terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Supra Fit; (2) pengaruh penggunaan metode penguapan pada vapor carburetor terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Supra Fit; (3) penggunaan metode penguapan yang paling efekif pada vapor carburetor.
Penelitian ini merupakan tipe kuantitatif deskriptif menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan di Laboratorium Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS. Penghitungan konsumsi bahan bakar dilakukan dengan menghitung waktu yang diperlukan untuk menghabiskan volume bahan bakar yang telah ditentukan yaitu 50 ml. Subjek pada penelitian ini adalah sepeda motor Supra Fit. Pengujian dilakukan pada kondisi putaran yang berbeda-beda yaitu 1500 rpm, 2500 rpm, 3500 rpm, 4500 rpm dan 5500 rpm.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh penggunaan vapor carburetor terhadap konsumsi bahan bakar dan hal ini terjadi pada semua putaran pengujian dengan rata-rata penghematan 28% - 39%. Kedua, terdapat pengaruh penggunaan metode penguapan pada vapor carburetor terhadap konsumsi bahan bakar. Ketiga, metode splash merupakan metode penguapan bahan bakar yang paling hemat dalam menekan konsumsi bahan bakar yaitu sebesar 39,1%, selanjutnya metode bubbling sebesar 28,8?n terakhir metode gabungan sebesar 28,1%.

Kata kunci: Vapor Carburetor, Metode Bubbling, Metode Splash, Konsumsi Bahan Bakar

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si
2. Basori, .S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP