Penulis Utama : Yudhistira Andarusukma
NIM / NIP : G0016235
×

ABSTRAK
Yudhistira Andarusukma, G0016235, 2020. Hubungan Pengetahuan Tentang Kode Etik Kedokteran Indonesia dengan Kejadian Kekerasan di Wahana Pendidikan Klinis pada Dokter Muda di Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar belakang: Kekerasan di tempat kerja terhadap tenaga kesehatan saat ini berada dalam taraf yang mengkhawatirkan seiring dengan naiknya angka kejadian tersebut. Hal ini juga dialami oleh dokter muda dalam menjalani masa studinya pada program profesi dokter di wahana pendidikan klinis. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut berkaitan dengan penerapan etika profesi saat bekerja. Etika profesi dokter diatur dalam Kode Etik Kedokteran Indonesia yang ditujukan untuk mempertahankan hubungan kepercayaan dokter-pasien. Pengetahuan yang memadai mengenai kode etik menimbulkan sikap yang sesuai dengan ketentuan yang harusnya dilakukan, sehingga diharapkan mampu mengurangi risiko terjadinya gesekan yang berujung pada terjadinya kekerasan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan Kode Etik Kedokteran Indonesia dengan kejadian kekerasan di wahana pendidikan klinis.
Metode penelitian:  Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectionalyang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Feburari 2020 pada dokter muda RSUD dr. Moewardi Surakarta. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian: Hasil analisis data pada 54 subjek penelitian menunjukkan hubungan negatif antara pengetahuan tentang kode etik kedokteran dengan kejadian kekerasan di wahana pendidikan klinis (r=-0.313, p= 0.021). Pada analisis regresi linier sederhana didapatkan pengaruh antara kedua variabel (r2=0.098, koefisien regresi=-0.364, p<0>Simpulan penelitian: Terdapathubungan dan pengaruhyang bermakna secara statistikantara pengetahuankodeetikkedokterandengankejadian kekerasan di wahana pendidikan klinisdengandengan kekuatan lemah danarah korelasinegatif.


Kata kunci: pengetahuan kode etik kedokteran, kekerasan di tempat kerja, wahana pendidikan klinis, dokter muda, program profesi dokter.

 

×
Penulis Utama : Yudhistira Andarusukma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016235
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Pengetahuan Kode Etik Kedokteran Indonesia Dengan Kejadian Kekerasan Di Wahana Pendidikan Klinis Pada Dokter Muda Di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FK - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS,-FK. Prodi. Kedokteran G0016235
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adji Suwandono, dr., S.H., Sp.F.
2. Wahyu Dwi Atmoko, dr., Sp.F.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.