Penulis Utama : Agnes Indah Pratiwi
NIM / NIP : K7615003
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa SMK Batik 1 Surakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadu dengan Talking Stick.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan tindakan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Pengamatan atau Observasi; dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 1 SMK Batik 1 Surakarta dengan jumlah siswa sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) wawancara; (b) observasi; dan (c) dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadu dengan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan siswa dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti pada pra siklus, presentase keaktifan siswa sebesar 28.57%. Presentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 73.80% pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadu dengan Talking Stick. Presentase keaktifan belajar siswa kembali meningkat pada siklus II menjadi 92.86%. 

Kesimpulan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadu dengan Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X OTKP 1 SMK Batik 1 Surakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis tahun pelajaran 2018/2019. 

Kata kunci: jigsaw, talking stick, keaktifan belajar siswa 

×
Penulis Utama : Agnes Indah Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615003
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dipadu dengan Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMK Batik 1 Surakarta pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidkan Ekonomi-K7615003-2019
Kata Kunci : jigsaw, talking stick, keaktifan belajar siswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd.,
2. Jonet Ariyanto Nugroho, S.E., M.M.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublidh
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.