Penulis Utama : Rio Bima Haris Saputra
NIM / NIP : K1211059
×

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Struktur kumpulan cerpen Bastian dan Jamur Ajaib  karya Ratih Kumala.(2) Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen Bastian dan Jamur Ajaib  karya Ratih Kumala.(3) Relevansi kumpulan cerpen Bastian dan Jamur Ajaib  karya Ratih Kumala sebagai bahan ajar di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian struktural. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) struktur kumpulan cerpen Bastian dan Jamur Ajaib dalam pembahasan analisis struktural mengacu pada tema dan fakta cerita yang meliputi penokohan, alur (plot), dan latar (setting) cerpen Bastian dan Jamur Ajaib karya Ratih Kumala, (2) nilai pendidikan karakter kumpulan Cerpen Bastian dan Jamur Ajaib karya Ratih Kumala antara lain meliputi menghormati orangtua, harga diri, kesetiaan, semangat dalam berjuang, berperilaku sopan atau santun, (3) Cerpen-cerpen yang ada dalam buku kumpulan cerpen Bastian dan Jamur Ajaib memiliki relevansi untuk dijadikan bahan ajar sastra di SMA, karena di dalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter penting untuk diajarkan dan ditanamkan kepada siswa untuk membentuk karakter yang baik pada mereka..(4) Pendidikan karakter dalam penelitian ini adalah: (a) cerpen Ah Kauw adalah menghormati orangtua, dan; harga diri; (b) Pendidikan karakter dalam cerpen Bastian dan Jamur Ajaib adalah  Kesetiaan dan semangat dalam berjuang; (c) Pendidikan karakter dalam cerpen Lelaki rumah Seberang adalah Menghargai Orangtua dan Simpati terhadap penderitaan orang lain; (d) Pendidikan karakter dalam cerpen Foto Ibu adalah Menghormati Ibu dan Berperilaku Sopan atau Santun, (5) Kumpulan cerpen Bastian dan Jamur Ajaib dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif bahan pembelajaran sastra, terutama dalam pembelajaran cerpen.

Kata kunci: cerpen, struktural, nilai pendidikan karakter, bahan ajar

×
Penulis Utama : Rio Bima Haris Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211059
Tahun : 2019
Judul : Kajian struktural dan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen Bastian dan Jamur Ajaib karya Ratih Kumala serta relevansinya sebagai bahan ajar sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1211059-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M.Pd
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.