Penulis Utama : Sherly Ruri Azhari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112051
Tahun : 2019
Judul : Aspek moralitas tokoh dalam cerita bersambung Kedlarung karya Ismoe Rianto (suatu kajian psikologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Daerah-C0112051-2019
Subyek : CERITA BERSAMBUNG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah struktur yang membangun cerita bersambung Kedlarung karya Ismoe Rianto berdasarkan teori Robert Stanton, (2) bagaimana potret kejiwaan tokoh-tokoh dalam cerita bersambung Kedlarung karya Ismoe Rianto, (3) bagaimanakah aspek moralitas tokoh yang terkandung dalam cerita bersambung Kedlarung karya Ismoe Rianto.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun struktur cerita bersambung Kedlarung karya Ismoe Rianto berdasarkan teori Robert Stanton (2) mendeskripsikan potret kejiwaan tokoh dalam cerita bersambung Kedlarung karya Ismoe Rianto, (3) mendeskripsikan aspek moralitas tokoh yang terkandung dalam cerita bersambung Kedlarung karya Ismoe Rianto.
Manfaat teoretis dari penelitian ini, diharapkan mampu memperkaya khazanah ilmu sebuah model penelitian karya sastra. Manfaat praktis, diharapkan menjadi tuntunan bagi pembaca dan masyarakat luas.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari cerbung Kedlarung karya Ismoe Rianto yang diterbitkan oleh majalah Panjebar Semangat 2016 dan pengarang. Data dalam penelitian ini berupa isi teks cerbung Kedlarung karya Ismoe Rianto dan hasil wawancara dengan pengarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan content analysis dan wawancara dengan pengarang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini adalah: (1) Cerita bersambung Kedlarung menunjukkan adanya hubungan timbal balik yang saling berkaitan antar unsur berdasarkan teori Robert Stanton, (2) adanya psikologi tokoh berupa id, ego, dan superego yang ditampilkan pengarang, (3) adanya nilai moral yang dapat diambil dari cerita bersambung Kedlarung seperti tindakan tidak baik merugikan diri sendiri, rasa tanggung jawab, dan pendidikan anak tidak lepas dari pengawasan peran orang tuanya.

Kata kunci: Cerbung Kedlarung, Psikologi Sastra, Aspek Moralitas

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003171102161009.jpg
1. HALAMAN JUDUL.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D
2. Dr. Prasetyo Adi W.W, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya