Penulis Utama : Amiyati
NIM / NIP : X4711013
×

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan  dengan tujuan untuk meningkatkan kebaranian,  kesenangan  dan  percaya  diri  pada  pembelajaran  kelincahan  gerak pada siswa kelas V SD Negeri 07 Banyurnudal dengan memanfaatkan  lingkungan perkebunan.  Penelitian  dilaksanakan  dua siklus.  Subyek  penelitian adalah  siswa kelas V SD Negeri  07 Banyurnudal  yang berjumlah  29 anak dengan  rincian  15 putra dan 14  putri.
Jnstrurnen  yang  digunakan  untuk  pengambilan  data  pada  penelitian  ini adalah lembar pengamat, tes unjuk kerja siswa dan kartu ceria. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan  hasil  belajar siswa dari  kondisi awal ke siklus  I   dan siklus II, baik dari peningkatan  nilai  rata - rata pembelajaran kelincahan gerak dengan memanfaatkan lingkungan perkebunan maupun  nilai ketuntasan  basil helajar.  Nilai  rata - rata pembelajaran  kelincahan gerak dengan memanfaatkan  lingkungan perkebunan pada rata - rata kondisi awal ( 3 I  % ) atau ketuntasan ni lai rata - rata siswa hanya 9 siswa dari  29 siswa, rata - rata siklus I  82, 76 % atau ketuntasa nilai rata - rata siswa hanya 24 siswa dari 29 siswa dan rata - rata siklus II I 00 % atau nilai rata - rata 29 siswa tuntas.

Kata Kunci : Hasil belajar, kelincahan gerak, memanfaatkan  lingkungan

×
Penulis Utama : Amiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4711013
Tahun : 2012
Judul : Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Kelincahan Gerak dengan Memanfaatkan Lingkungan Perkebunan pada Siswa Kelas V SD Negeri 07 Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-X4711013-2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Heru Suranto, M.Pd.
2. Singgih Hendarto, S.Pd.M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.