Penulis Utama : Ryan Roza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212051
Tahun : 2016
Judul : Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajarsiswa dalam mata pelajaran animasi materi game dasar di SMK Negeri 9 Surakarta kelas X animasi tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prodi Pend. Seni Rupa-K3212051- 2016
Subyek : PENERAPAN; HASIL BELAJA;, METODE DEMONSTRASI; ANIMASI; GAME;
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Ryan Roza. K3212051. Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajarsiswa dalam mata pelajaran animasi materi game dasar di SMK Negeri 9 Surakarta kelas X animasi tahun ajaran 2015/2016. Skripsi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan hasil  belajar siswa dalam mata pelajaran animasi materi game dasar pembuatan game tepuk nyamuk dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi. Untuk mengukur ketercapaian keberhasilan penelitian ini, digunakan tolak ukur (indikator keberhasilan) pada siklus tindakan terakhir sekurang-kurangnya 75% siswa mendapat nilai tuntas 75 pada hasil belajar afektif dan psikomotorik.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung pada bulan Januari hingga bulan April 2016 di SMK N 9 Surakarta dengan  subjek  penelitian  siswa  kelas  X  animasi  yang  berjumlah  30  siswa. Prosedur penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Sumber data yang digunakan adalah dokumen, tes, informan, tempat dan peristiwa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumen dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah member chek atau review key informant. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analitis kritis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil bealajar siswa kelas X animasi SMK N 9
Surakarta. Presentase peningkatan hasil belajar dari siklus I dan Siklus II pada aspek   afektif   adalah   76,67%   meningkat   menjadi   93,33%,   pada   aspek psikomotorik adalah 73,33% meningkat menjadi 86,67%.


Kata kunci : PENERAPAN; HASIL BELAJA;, METODE DEMONSTRASI; ANIMASI; GAME;

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
pernyataan 43.pdf
abstrak.pdf
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Drs. Margana, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP