Penulis Utama : Farah Amani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013089
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Dimensi Tangan (Panjang, Lebar, dan Rasio Tangan) antara Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Kedokteran-Prodi. S1 Kedokteran-G0013089-2016
Subyek : IDENTIFIKASI JENIS KELAMIN; DIMENSI TANGAN; PANJANG TANGAN; LEBAR TANGAN; RASIO TANGAN;
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Farah Amani, G0013089, 2016. Perbedaan Dimensi Tangan (Panjang, Lebar, dan Rasio Tangan) antara Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

LatarBelakang:Identifikasi merupakan proses menentukan identitas seorang individu berdasarkan karakteristik tertentu. Salah satu komponen identifikasi yang  penting dan mudah ditentukan adalah jenis kelamin. Pada kasus-kasus tertentu seperti kecelakaan, bencana alam, dan kasus mutilasi dimana hanya terdapat bagian tubuh yang terpotong, identifikasi jenis kelamin akan lebih sulit dilakukan. Pada kasus-kasus tersebut tes DNA merupakan teknik identifikasi yang memiliki akurasi tinggi. Namun, teknik tersebut membutuhkan tenaga ahli dan peralatan yang canggih sehingga perlu teknik identifikasi yang lebih mudah. Penelitian mengenai dimensi tangan sebagai metode identifikasi jenis kelamin telah dilakukan di berbagai negara dengan hasil yang beragam. Penelitian-penelitian sebelumnya menyarankan agar penelitian serupa dilakukan pada kelompok subjek yang berbeda untuk mengetahui tingkat dimorfisme seksual dimensi tangan suatu populasi. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah ada perbedaan dimensi tangan (panjang tangan, lebar tangan dan rasio tangan) antara mahasiswa laki-laki dan perempuan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

MetodePenelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Subjek terdiri dari 60 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil pengukuran panjang tangan, lebar tangan, dan rasio tangan kemudian dianalisis menggunakan uji-t tidak berpasangan.

HasilPenelitian:Hasiluji-t menunjukkan adanya perbedaan signifikan panjang tangan dan lebar tangan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan (p<0>0.05) antara mahasiswa laki-laki dan perempuan.

Simpulan : (1) Terdapat perbedaan panjang dan lebar tangan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. (2) Tidak terdapat perbedaan rasio tangan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kata Kunci: IDENTIFIKASI JENIS KELAMIN; DIMENSI TANGAN; PANJANG TANGAN; LEBAR TANGAN; RASIO TANGAN;

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
pernyataan 51.pdf
ABSTRAK.pdf
bab 0.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
bab 6.pdf
dapus.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hari Wujoso, dr. Sp. F, M.M.
2. Adji Suwandono, dr., S.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran