Penulis Utama : Faizal Noor Ahmad
NIM / NIP : K1214016
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) makna lirik lagu album Kidung Sufi karya Candra Malik  ditinjau dengan pendekatan semiotik; (2) nilai-nilai pendidikan karakter dalam lirik lagu tersebut; dan (3) relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik sastra Riffaterre. Sumber data peneliti adalah lirik lagu album Kidung Sufi karya Candra Malik dan informan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis isi atau dokumen dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model semiotik riffatere.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) makna yang dimuat dalam lirik lagu album Kidung Sufi antara lain: pemaparan konsep ketuhanan dalam pemahaman tasawuf, pluralisme dalam beragama, sikap hubungan manusia dengan Tuhan, toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.  Sedangkan makna yang mendominasi lirik lagu tersebut adalah sikap hubungan manusia dengan Tuhan. (2) Nilai pendidikan karakter yang termuat dalam lirik lagu Kidung Sufi  meliputi religius, mandiri, toleransi, cinta damai, cinta tanah air, peduli sesama dan tanggung jawab. (3) Lirik lagu Kidung Sufi karya Candra Malik  relevan dengan pemelajaran sastra kelas X SMA dengan Kompetensi Dasar (KD): (a) 5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman (b) 5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman. Sebab, pembelajaran puisi menggunakan media lirik lagu lebih menarik. Kemudian, nilai yang disampaikan dalam lirik lagu abum tersebut mudah dipahami oleh siswa sebab bahasa yang dipergunakan tidak terlalu rumit.

Kata kunci: lirik lagu, puisi, makna semiotik, sufistik

×
Penulis Utama : Faizal Noor Ahmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214016
Tahun : 2019
Judul : Lirik lagu dalam album Kidung Sufi karya Candra Malik kajian semiotik, nilai pendidikan, dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1214016-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M. Pd
2. Dr. Budi Setiawan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.