Penulis Utama : Nibras Noor Fitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013175
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Status Gizi Ibu Hamil dengan Tumbuh Gigi Susu pada Bayi yang Diberi ASI Eksklusif di Puskesmas Ngoresan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Kedokteran - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Kedokteran-Prodi. S1 Kedokteran-G0013175-2017
Subyek : GIZI IBU HAMIL; TUMBUH GIGI; ASI EKSKLUSIF;
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Nibras Noor Fitri, G0013175, 2017. Hubungan Status Gizi Ibu Hamil dengan Tumbuh Gigi Susu pada Bayi yang Diberi ASI Eksklusif di Puskesmas Ngoresan Surakarta.  Skripsi  Fakultas  Kedokteran  Universitas  Sebelas  Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Status gizi ibu hamil sangat penting diperhatikan karena mempengaruhi  pertumbuhan  dan  perkembangan  bayi,  termasuk  pertumbuhan gigi. Status gizi kurang pada ibu hamil dapat menyebabkan terganggunya proses mineralisasi gigi janin sehingga tumbuh gigi bayi terlambat. Tumbuh gigi umumnya dimulai dari usia 6 bulan. Pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, tumbuh gigi susu lebih cepat dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan November - Desember   2016   di   Puskesmas   Ngoresan   Surakarta.   Pengambilan   sampel dilakukan secara purposive sampling dan didapatkan 38 responden. Data yang diperoleh berupa status gizi ibu saat hamil yang tercatat pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), hasil wawancara kuesioner ASI eksklusif pada ibu, dan pemeriksaan langsung gigi bayi berusia 6 bulan. Analisis data menggunakan uji Fisher melalui program SPSS 22.00 for Windows dan uji regresi logistik sebagai analisis multivariat.

Hasil Penelitian: Dari data status gizi ibu berdasarkan LILA (rerata   25,58 ±
3,27cm) terdapat ibu dengan gizi baik sebanyak 78,9?n 21,1% termasuk gizi kurang. Berdasarkan kenaikan berat hamil (rerata 10,5 ± 4,83kg) hanya 36,8% termasuk kategori gizi baik dan 63,8% gizi kurang. Dari 38 subjek bayi, terdapat 6 bayi telah tumbuh gigi susu. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa status gizi ibu hamil berdasarkan  LILA (p=0,215) dan kenaikan berat hamil  (p=0,119) tidak berhubungan dengan percepatan tumbuh gigi susu bayi yang diberi ASI eksklusif.

Simpulan  Penelitian:  Tidak  ada  hubungan  status  gizi  ibu  hamil  dengan percepatan tumbuh gigi susu bayi. Tidak ada hubungan tumbuh gigi susu dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi di wilayah kerja Puskesmas Ngoresan Surakarta.

Kata Kunci: GIZI IBU HAMIL; TUMBUH GIGI; ASI EKSKLUSIF;

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
pernyataan 59.pdf
abstrak.pdf
bab0.pdf
bab1.pdf
bab2.pdf
bab3.pdf
bab4.pdf
bab5.pdf
bab6.pdf
dapus.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dra. Diffah Hanim, M.Si.
2. Dr. Risya Cilmiaty A. R., drg., M.Si., Sp.KG.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran