Penulis Utama : Ika Shinta Mardikaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0312035
Tahun : 2017
Judul : Analisis tekno-ekonomi kelayakan penerapan penerangan jalan umum berbasis tenaga surya di Universitas Sebelas Maret Kampus Kentingan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Teknik - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Teknik-Prodi S1 Teknik Industri-I0312035-2019
Subyek : EVALUASI PENERANGAN JALAN UMUM; INVESTASI KELAYAKAN; PERANCANGAN PENERANGAN JALAN UMUM TENAGA SURYA;
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Ika Shinta Mardikaningsih, I0312035. Analisis tekno-ekonomi kelayakan penerapan penerangan jalan umum berbasis tenaga surya di Universitas Sebelas Maret Kampus Kentingan.  Skripsi. Surakarta: Program Studi Sarjana Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Januari 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merancang penerangan jalan dengan tenaga surya. Sebuah kerangka evaluasi dikembangkan untuk mengevaluasi kinerja kondisi saat ini terkait dengan lux, jarak, tiang, dan jumlah daya lampu. Berdasarkan evaluasi kondisi penerangan jalan umum yang ada saat ini  diketahui  bahwa  penerangan  jalan  umum  yang  ada  belum  sesuai  dengan standar, sehingga mengakibatkan wilayah black area sebesar 64,7%. Dalam penelitian  ini  diusulkan  perancangan  alternatif  dari  penerangan  jalan  umum dengan   menggunakan   aplikasi   DIALux   untuk   memenuhi   standar   teknis Penerangan Jalan. Spesifikasi penerangan jalan, jenis instalasi, dan bahan yang digunakan dipelajari untuk merancang pencahayaan jalan baru.
Analisis berbasis simulasi digunakan untuk menentukan spesifikasi desain baru penerangan jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif desain penerangan jalan yang dihasilkan oleh sel surya dapat digunakan untuk menggantikan penerangan jalan umum eksisting dengan kinerja dan kehandalan aspek yang lebih baik. Setelah mengetahui alternatif yang layak secara teknis, kemudian dilakukan analisis ekonomis dengan menggunakan metode benefit cost analysis untuk menentukan alternatif yang layak. Hasil analisis ekonomi menunjukkan  bahwa investasi  penerangan  jalan  umum  tenaga surya  memiliki nilai investasi Rp 621.473.620,- dengan nilai B/C Ratio 1,06 dan efisiensi penghematan sebesar 9%. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penerapan penerangan jalan umum tenaga surya layak untuk diimplementasikan.
xv + 152 halaman; 82 gambar; 72 tabel Daftar Pustaka: 47 (1990-2016)

Kata kunci: EVALUASI PENERANGAN JALAN UMUM; INVESTASI KELAYAKAN; PERANCANGAN PENERANGAN JALAN UMUM TENAGA SURYA;

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
pernyataan 60.pdf
Abstrak.pdf
bab0.pdf
bab1.pdf
bab2.pdf
bab3.pdf
bab4.pdf
bab5.pdf
bab6.pdf
dapus.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si.
2. Roni Zakaria, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik