Penulis Utama : Maghfirotul Lail
NIM / NIP : K4415034
×

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen melalui penggunaan model cooperative learning tipe example non example dengan media flipchart dalam pembelajaran sejarah.
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencananaan tindakan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Masaran yang berjumlah 30 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data diperoleh dari dari tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisi deskriptif komparatif. Model penelitian yang digunakan adalah model spiral (Planning, Acting, Observing, Reflecting).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe example non example dengan media flipchart dapat meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Masaran dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Minat siswa prasiklus sebesar 63,18% meningkat menjadi 73,98% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,05%. Rata – rata hasil belajar siswa mengalami kenaikan dari prasiklus dengan rata-rata nilai 67,8 menjadi 79 pada siklus I, dan naik menjadi 82 pada  siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe example non example dengan media flipchart dapat meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Masaran.

Kata Kunci : cooperative learning, example non example, media flipchart, minat, hasil belajar

×
Penulis Utama : Maghfirotul Lail
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415034
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example dengan Media Flipchart untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Masaran Tahun 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4415034-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
2. Isawati, S.Pd, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.