Penulis Utama : Pratnya Dipa Paramudhita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014317
Tahun : 2018
Judul : Penertiban Tanah Hak Guna Usaha dan Hak Guna Bangunan Terlantar di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0014317-2018
Subyek : PENERTIBAN, TANAH TERLANTAR, MANFAAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini mempreskripsikan dan mengkaji untuk mencari jawab atas permasalahan, pertama,bagaimana pelaksanaan penertiban tanah Hak Guna Usaha dan Hak Guna Bangunan terlantar di Kabupaten Klaten. Kedua,apakah peraturan Per-Undang-Undangan sudah memadai untuk menertibkan tanah Hak Guna Usaha dan Hak Guna Bangunan terlantar.
    Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Sementara itu, pendekatan penelitian adalah pendekatan kasus. Jenis bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum adalah studi kepustakaan. Terkait dengan teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi silogisme dengan menghubungkan premis mayor (aturan-aturan hukum) dengan premis minor (fakta hukum).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewenangan penertiban tanah terlantar merupakan kewenangan  delegasi,  dimana Presiden mendelegasikan kewenangannya kepada  Kepala  Badan  Pertanahan  Nasional  Republik  Indonesia  untuk  melakukan penertiban tanah terlantar sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2010 tentang Penertiban dan Pendayagunaan Tanah Terlantar. Dalam  pelaksanaan  penertiban,  dibentuk   Panitia  C  yang  berwenang  melakukan identifikasi  dan  penelitian  tanah  terindikasi  terlantar.  Mekanisme  penertiban  tanah terlantar  dilakukan  melalui  tahapan-tahapan  yaitu  inventarisasi  tanah  terindikasi terlantar,  identifikasi  dan  penelitian  tanah  terindikasi  terlantar,  peringatan  terhadap pemegang hak, penetapan tanah terlantar. Penertiban tanah terlantar di Kabupaten klaten dilaksanakan untuk mencapai keadilan dan kemakmuran rakyat dengan tetap menyesuaikan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Klaten.

Kata Kunci : Penertiban, Tanah Terlantar, Manfaat

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lego Karjoko, S.H., M.H.
2. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum