Penulis Utama : Aprilia Sekar Mawarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3314005
Tahun : 2019
Judul : Analisis kemampuan multirepresentasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Surakarta pada pokok materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan tes diagnostik two-tier multiple choice
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur Pendidikan Ilmu Kimia-K3314005-2019
Subyek : LARUTAN ELEKTROLIT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan multirepresentasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik stratified random sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3, X MIPA 5, dan X MIPA 6 SMA Negeri 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Tes yang digunakan dalam penelitian yaitu tes diagnostik two-tier multiple choice . teknik nontes dilakukan dengan studi dokumentasi dan wawancara pada beberapa siswa berdasarkan hasil tes diagnostik two-tier multiple choice.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan multirepresentasi siswa cukup beragam. Kemampuan representasi makro-submikro sebesar 89,93% (Sangat Baik), kemampuan representasi makro-simbolik 72,79% (Baik), representasi simbolik-submikro 80,07% (Sangat Baik), sedangkan reperesentasi simbolik-makro sebesar 45,99% (Cukup). Hasil tersebut menunjukkan adanya kebutuhan untuk lebih menekankan pembelajaran kimia pada tingkat simbolik. Selain itu, pengetahuan tentang seberapa besar kemampuan representasi siswa dapat dijadikan pertimbangan bagi guru untuk menyusun strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Kata Kunci: multirepresentasi, larutan elektrolit dan elektrolit, two-tier test

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003171059181006.jpg
HALAMAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah, M. Pd Dr.rer.nat.
2. Sri Mulyani, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP