Penulis Utama : Muhammad Aqil Kasim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8414031
Tahun : 2019
Judul : Pemaknaan baru pada Masjid Agung Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8414031-2019
Subyek : MASJID AGUNG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini menjelaskan makna baru dan proses komodifikasi yang terjadi di dalam kawasan Masjid Agung Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard yaitu teori masyarakat konsumerisme.

Penelitian ini menggunakan metode peneltian kualitatif dan pendekatakan kualitatif interpretatif. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara dengan pengelola Masjid Agung, Pedagang dan pengunjung Masjid Agung, selain itu berasal dari observasi dan juga foto situasi atau kondisi Masjid Agung, arsip pengelola serta berasal dari media elektronik. Teknik pengambilan subjek penelitian (informan) dilakukan dengan purposive sampling. Sedangkan teknik uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif, yaitu: pengumpulan data, proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (penarikan kesimpulan).

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa saat ini jamaah datang ke Masjid Agung Jawa Tengah dengan tujuan untuk memuaskan keinginan akan penasarannya terhadap arsitektur dan kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah, keinginan untuk berwisata. Dari keingingan atau motif dan kegiatan yang dilakukan tersebut muncul makna baru yang diberikan kepada MAJT yaitu a) sebagai tempat yang mampu memenuhi keinginan, b) sebagai tempat yang mampu memunculkan kebahagiaan dan sebagai media penyampai informasi. Akhirnya berdampak pada proses komodifikasi yang terjadi pada MAJT. Ada kalangan yang memaknai MAJT sebagi tempat yang bernilai ekonomis.

KATA KUNCI : Makna baru, arsitektur, startup travel, komodifikasi

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003171059181000.jpg
01. HALAMAN AWAL.pdf
02. BAB I.pdf
03. BAB II.pdf
04. BAB III.pdf
05. BAB IV.pdf
06. BAB V.pdf
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Nurhadi S.Ant., M.Hum
2. Abdul Rahman, Ph. D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP