Penulis Utama : Dimas Prayogo Dwi Nurcahyo
NIM / NIP : C0114019
×

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah struktur naskah ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso berdasarkan teori struktur drama Soediro Satoto?; (2) Bagaimanakah wujud pertentangan norma-norma sosial antartokoh jika ditinjau dari pendekatan sosiologis menurut teori dari Rene Wellek dan Austin Warren yang ada di dalam naskah ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso?; (3) Bagaimanakah relevansi isi cerita dalam Naskah ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso dengan kehidupan masyarakat?.

Tujuan penelitian ini, adalah (1) Mendeskripsikan struktur dalam naskah ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso berdasarkan teori struktur drama Soediro Satoto; (2) Mendeskripsikan wujud pertentangan norma-norma sosial yang ada di dalam naskah ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso dalam tinjauan sosiologi sastra menurut teori dari Rene Wellek dan Austin Warren; (3) Mendeskripsikan relevansi isi cerita dalam naskah ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso dengan kehidupan masyarakat sekarang.

Bentuk metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sastra yang bersifat deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan struktur naskah ketoprak menggunakan teori Soediro Satoto, mendeskripsikan wujud pertentangan norma sosial menggunakan teori Rene Wellek dan Austin Warren yang menggunakan teori sosiologi karya sastra, dan mendeskripsikan relevansi pertentangan norma sosial terhadap kehidupan masyarakat. Selain itu, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara terstruktur serta menggunakan metode analisis isi. Penelitian ini memiliki dua sumber data, yang berupa naskah ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso, dan penulis naskah Trisno Santoso. Data dalam penelitian ini adalah teks ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso dan hasil wawancara terbuka dengan Trisno Santoso.

Hasil penelitian ini adalah deskripsi analisis struktur drama yang terdiri dari alur, tema, penokohan, latar, amanat, cakapan, dan konflik, kemudian wujud pertentangan norma-norma sosial tentang sopan santun, serta deskripsi relevansi isi naskah ketoprak Ontran-Ontran Pinggir Bengawan karya Trisno Santoso dengan kehidupan masyarakat jaman sekarang.

Kata Kunci : Naskah Ketoprak, Sosiologi Sastra, Trisno Santoso

×
Penulis Utama : Dimas Prayogo Dwi Nurcahyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114019
Tahun : 2018
Judul : Pertentangan Norma-Norma Sosial Antartokoh dalam Naskah Ontran-Ontran Pinggir Bengawan Karya Trisno Santoso (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C0114019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.