Penulis Utama : Kukuh Subekti
NIM / NIP : C0112026
×

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana suntingan teks Sêrat PPAI yang bersih dari kesalahan? (2) bagaimana isi yang terkandung dalam Naskah Sêrat PPAI? Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks Sêrat PPAI yang asli atau dekat dengan aslinya serta teks  yang bersih dari kesalahan. (2) mengungkapkan atau mendeskripsikan isi naskah Sêrat PPAI.
Bentuk penelitian adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian adalah berupa penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran, Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah naskah dan teks Sêrat PPAI. Teknik pengumpulan data adalah inventarisasi naskah berbantuan katalog naskah, kemudian observasi ke tempat penyimpanan naskah, kemudian dilakukan pemotretan atau digitalisasi naskah, setelah data cukup dilanjutkan dengan penelitian sesuai dengan langkah-langkah kerja filologis.Teknik analisis data melalui deskripsi naskah, kritik teks, suntingan teks disertai aparat kritik, terjemahan dan kajian isi. Metode standar digunakan untuk membuat suntingan teks.Kemudian dilanjutkan dengan analisis isi. Kajian isi digunakan untuk mengungkapkan syariat Islam dalam teks Sêrat PPAI.
Simpulan penelitian ini adalah : (1) Naskah Serat PPAI merupakan naskah koleksi Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mengkunegaran, Surakarta dengan nomor katalog A45 atau MN 362.1 yang berupa naskah tunggal. Naskah Sêrat PPAI adalah karya sastra Jawa berbentuk teks gancaran atau prosa terdiri dari 17 halaman rectoverso, yaitu varian Lakuna berjumlah 10, varian Adisi berjumlah 2, varian Hiperkorek berjumlah 11, dan varian Ketidak konsistenan Penulisan berjumlah 5. (2) Naskah Sêrat PPAI berisi syariat Islam yang berlaku sejak Nabi Adam hingga nabi Muhammad.Syariat Islam yang sudah dilaksanakan oleh Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad.

Kata Kunci : filologi, syariat Islam, Pratelanipun Panataning Agami Islam

×
Penulis Utama : Kukuh Subekti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112026
Tahun : 2019
Judul : Serat Pratelanipun Panataning Agami Islam (Suatu Tinjauan Filologis dan Kajian Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C0112026-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Tri Winarni, M. Hum.
2. Drs. Waridi Hendro Saputro, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.