Penulis Utama : Theofilus Andreawan
NIM / NIP : C0113060
×

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam novel Esem Ing Lingsir Sore Karya Sunaryata Soemardjo. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tuturan, jenis tuturan, maksud tuturan, fungsi tuturan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tuturan, jenis tuturan, maksud tuturan, dan fungsi tuturan tindak tutur ekspresif.
    Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Data dan sumber data dalam peneltian ini berupa data tulis yang berisi percakapan atau tuturan yang mengandung tindak tutur ekspresif terdapat dalam novel Esem ing Lingsir Sore Karya Sunaryata Soemardjo. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik dasar berupa teknik pustaka dan teknik lanjutan berupa teknik catat. Analisis data dengan menggunakan metode kontekstual dan metode padan dengan teknik padan pragmatis. Penelitian ini menggunakan metode penyajian formal dan informal untuk hasil analisis data.
Hasil analisis data: (1) Tindak tutur ekspresif dalam novel Esem ing Lingsir Sore karya Sunaryata Soemarjo, yaitu berterima kasih, meminta maaf, menolak, menyindir, mengkritik, mengejek, mengeluh, menyetujui, mengungkapkan rasa bersalah, mengungkapkan rasa gugup, mengungkapkan rasa heran, mengungkapkan rasa iba, mengungkapkan rasa sedih, mengungkapkan rasa kaget atau terkejut, mengungkapkan rasa marah, mengungkapkan rasa takut, mengungkapkan rasa kecewa, dan mengungkapkan rasa senang. (2) Bentuk tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam novel Esem ing Lingsir Sore karya Sunaryata Soemarjo mempunyai 4 data tindak tutur ekspresif berterima kasih, 1 data tindak tutur ekspresif meminta maaf, 4 data tindak tutur ekspresif menolak, 12 data tindak tutur ekspresif menyindir, 1 data tindak tutur ekspresif mengkritik, 5 data tindak tutur ekspresif mengejek, 3 data tindak tutur ekspresif mengeluh, 10 data tindak tutur ekspresif menyetujui, 3 data tindak tutur ekspresif mengungkapkan rasa bersalah, 2 data tindak tutur ekspresif mengungkapkan rasa gugup,3 data tindak tutur ekspresif mengungkapkan rasa heran, 2 data tindak tutur ekspresif mengungkapkan rasa iba, 4 data tindak tutur ekspresif mengungkapkan rasa sedih, 11 data tindak tutur ekspresif mengungkapkan rasa kaget atau terkejut, 3 data tindak tutur ekspresif mengungkapkan rasa marah, 1 data tindak tutur ekspresif mengungkapkan rasa takut, 2 data tindak tutur ekspresif yang mengungkapkan rasa kecewa, 4 data tindak tutur ekspresif yang mengungkapkan rasa senang.


Kata Kunci : Tindak tutur ekspresif, novel Esem ing Lingsir Sore Karya Sunaryata Soemardjo

×
Penulis Utama : Theofilus Andreawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113060
Tahun : 2019
Judul : Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Esem ing Lingsir Sore Karya Sunaryata Soemardjo (Suatu Kajian Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C0113060-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Y. Suwanto, M.Hum.
2. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.