Penulis Utama : Muhamad Emir Purdiatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515045
Tahun : 2019
Judul : Studi Numerikal Performansi Turbin Angin Savonius di Pesisir Pantai Kabupaten Demak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2515045-2019
Subyek : TUBIN SAVONIUS, ANSYS, KOEFESIEN DAYA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Kebutuhan energi yang terus meningkat menjadikan sumber daya bahan bakar fosil semakin menipis. Salah satu energi terbarukan yang memiliki potensi cukup baik di Indonesia yaitu energi angin. Sumber energi angin dapat diubah menjadi energi listrik menggunakan turbin angin Savonius tipe S. Turbin angin Savonius akan diaplikasikan di pesisir pantai Kabupaten Demak sebab memiliki kecepatan angin yang cukup berpotensi. Studi numerikal menggunakan software ANSYS R. 15 dilakukan untuk mengetahui potensi daya yang dihasilkan oleh turbin menggunakan satu fin dan tanpa menggunakan fin.
Mula-mula membuat geometry tubin Savonius type S dalam software ANSYS. Desain turbin dibuat menggunakan aplikasi SolidWorks kemudian di import pada ANSYS R.15 saat langkah geometry. Kemudian dalam proses mesh digunakan model triangular mesh. Pada menu boundary condition, variasi kecepatan angin di pesisir pantai Kabupaten Demak  di input saat langkah setup dengan literasi/time step 100 dan angular velocity 6,59. Kemudian koefisien daya (Cp) dari setiap variasi kecepatan angin diketahui dan hasilnya digunakan untuk mencari daya pada setiap variasi kecepatan angin.
Hasil penelitian ini menunujukkan, nilai daya uji numerikal satu fin lebih besar dibandingkan dengan tanpa menggunakan fin. Besarnya kecepatan angin berbanding lurus dengan daya yang dihasilkan turbin. Penelitian secara eksperimen juga menunjukkan bahwa besarnya kecepatan angin berbanding lurus dengan daya yang dihasilkan turbin. Turbin angin Savonius cocok sebagai pembangkit listrik jika generator mampu memaksimalkan daya turbin menjadi daya listrik. Turbin angin Savonius juga dapat dimanfaatkan putarannya sebab memiliki daya turbin yang besar.

Kata Kunci : Tubin Savonius ; ANSYS ; Koefesien Daya (Cp)

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd.,M.T.
2. Danar Susilo Wijayanto, ST., M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP